Presiden AS Donald Trump sebut WHO sebagai boneka Tiongkok. Foto: AFP
Presiden AS Donald Trump sebut WHO sebagai boneka Tiongkok. Foto: AFP

Bagi Trump, WHO Tak Lebih Sebagai Boneka Tiongkok

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona
Fajar Nugraha • 19 Mei 2020 13:40
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyerang badan kesehatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai ‘boneka’ Tiongkok. Dia juga mempertimbangkan untuk memotong atau membatalkan dukungan secara permanen kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
 
"Mereka adalah boneka Tiongkok, mereka Tiongkoksentris untuk membuatnya lebih bagus," kata Trump di Gedung Putih, pada Senin, 18 Mei 2020.
 
Baca: Trump Ultimatum WHO, Ancam Hentikan Pendanaan Selamanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Amerika Serikat membayar sekitar USD450 juta setiap tahun kepada WHO. Menurut Trump ini adalah kontribusi terbesar dari negara mana pun. Rencana dibuat untuk memangkas ini karena "kami tidak diperlakukan dengan benar".
 
"Mereka memberi kami banyak nasihat buruk," ujar Trump tentang WHO.
 
Trump juga mengancam akan membekukan secara permanen dana AS ke WHO kecuali jika "perbaikan substantif" dilakukan dalam 30 hari ke depan. Washington menghentikan pendanaan untuk WHO pada pertengahan April, menuduhnya terlalu dekat dengan Beijing dan menutupi dan salah mengelola pandemi virus corona.
 
Pada hari Senin, Trump tweet gambar dari surat yang ia kirim ke Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. Dalam surat itu, Trump mencantumkan apa yang dikatakannya sebagai contoh kekurangan WHO dalam mengelola pandemi, termasuk mengabaikan laporan awal tentang kemunculan virus, dan terlalu dekat dengan Tiongkok.
 
"Jelas salah langkah berulang oleh Anda dan organisasi Anda dalam merespons pandemi ini sangat mahal bagi dunia. Satu-satunya jalan ke depan bagi Organisasi Kesehatan Dunia adalah jika ia benar-benar dapat menunjukkan kemerdekaan dari Tiongkok,” tegas Trump dalam surat itu, seperti dikutip AFP, Selasa, 19 Mei 2020.
 
"Jika Organisasi Kesehatan Dunia tidak berkomitmen untuk perbaikan substantif besar dalam 30 hari ke depan, saya akan membuat pembekuan sementara saya atas dana Amerika Serikat untuk Organisasi Kesehatan Dunia permanen dan mempertimbangkan kembali keanggotaan kami dalam organisasi," ancamnya.
 
Sebelumnya pada Senin, WHO mengatakan akan meluncurkan tinjauan independen terhadap tanggapan terhadap pandemi virus korona. Selama pertemuan virtual, Tedros mengakui ada kekurangan dan mengatakan kepada majelis bahwa dia menyambut panggilan untuk ditinjau.
 
Presiden ke-45 AS itu berbicara ketika WHO mengadakan pertemuan tahunan pertamanya sejak pandemi melanda dunia. Virus yang muncul di Tiongkok itu, menyebabkan gangguan ekonomi besar-besaran dan menewaskan 316.000 orang. Hampir sepertiga dari korban tewas berada di Amerika Serikat.
 
Mantan pengusaha properti AS itu mengatakan Tiongkok hanya membayar sekitar USD40 juta per tahun. "Satu gagasan adalah agar Washington membayar USD450 juta kami, menjadi USD40 juta. Tetapi beberapa orang berpikir itu terlalu berlebihan,” pungkas Trump.
 

 

Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif