Presiden AS Donald Trump konferensi pers dengan para jurnalis yang social distancing. Foto: AFP
Presiden AS Donald Trump konferensi pers dengan para jurnalis yang social distancing. Foto: AFP

Trump: Hormat untuk Tiongkok

Internasional Virus Korona virus corona Berita Virus Corona Hari Ini
Marcheilla Ariesta • 27 Maret 2020 19:04
Washington: Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok sepakat untuk bekerja sama lebih erat dalam mengatasi penyebaran virus korona covid-19. Pasalnya dalam sehari, jumlah infeksi di AS melampaui Tiongkok.
 
Baca: Komitmen USD5 Triliun Para Pemimpin G20 untuk Atasi Covid-19.
 
"Tiongkok telah melalui banyak dan telah mengembangkan pemahaman yang kuat tentang virus. Kami bekerja sama dengan erat. Penuh hormat!" kata Trump dalam akun Twitter-nya, dilansir dari CNBC News, Jumat 27 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Trump mengatakan dia telah berbicara dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping dengan sangat rinci mengenai pandemi covid-19 ini. Virus tersebut telah menewaskan lebih dari 24 ribu orang secara global.
 
Percakapan di telepon tersebut dilakukan usai kedua kepala negara mengikuti pertemuan konferensi video para pemimpin G20. Dalam pertemuan virtual itu, Xi memberikan pidato yang menyerukan kerja sama internasional yang lebih besar.
 
Virus covid-19 ini pertama kali dilaporkan di kota Wuhan, Tiongkok, dan sejak saat itu lebih dari 3.200 orang di negara tersebut meninggal dunia. Penyebaran virus dalam negeri terhenti, namun Tiongkok tetap meningkatkan upaya mencegah pelancong membawa kembali penyakit tersebut dari luar negeri.
 
Karenanya, per Sabtu besok, Beijing menutup perbatasan untuk orang asing. Dalam percakapan di teleon itu, Trump dan Xi Jinping mengatakan hubungan AS dan Tiongkok berada pada titik kritis. Xi berharap AS akan membuat tindakan substansial dalam meningkatkan hubungan.
 
"Dalam keadaan saat ini, Tiongkok dan AS harus bersatu untuk memerangi epidemi," lapor media pemerintah Tiongkok.
 
Laporan tersebut mencatat Kementerian Kesehatan kedua negara dan para ahli pengendalian penyakit saling berkomunikasi.
 
"Pihak Tiongkok bersedia terus memberikan informasi dan pengalaman dengan AS tanpa syarat," imbuh mereka.
 
Media pemerintah menambahkan Tiongkok bersedia memberikan dukungan dalam kemampuan. Namun, tidak jelas apakah dukung tersebut seperti memberi pasokan atau menjual peralatan lebih banyak.
 
Baca: Tiongkok Miliki Lima Jalur Teknis Pengembangan Vaksin.
 
Xi juga menekankan dia berharap Negeri Paman Sam akan melindungi kesehatan kehidupan banyak siswa internasional Tiongkok di AS.
 
Dari laporan media pemerintah Tiongkok, Trump mengatakan pengalaman Beijing memberinya inspirasi besar dan dia berjanji akan melindungi warga Tiongkok di AS, termasuk siswa internasional.
 
Saat ini, korban terinfeksi virus korona covid-19 di dunia mencapai 532.788 jiwa. Sementara korban meninggal sebanyak 24.077 jiwa dan pasien yang berhasil disembuhkan 122.672 orang. Amerika Serikat kini menjadi negara tertinggi dengan infeksi korona yang mencapai 85.991 orang.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif