Anthony Fauci, salah satu anggota gugus tugas penanganan covid-19 di AS. (Foto: Al Drago/AFP/Getty)
Anthony Fauci, salah satu anggota gugus tugas penanganan covid-19 di AS. (Foto: Al Drago/AFP/Getty)

AS Berpotensi Catat 100 Ribu Kasus Covid-19 per Hari

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 01 Juli 2020 08:04
Washington: Kasus virus korona (covid-19) di Amerika Serikat berpotensi mencapai 100 ribu pada setiap harinya. Peringatan ini disampaikan tokoh kesehatan ternama di AS, Dr Anthony Fauci.
 
Saat ini, AS masih menjadi negara di urutan pertama dalam daftar jumlah kasus dan kematian tertinggi akibat covid-19 di kancah global.
 
"Sudah jelas saat ini kita belum dapat mengendalikan virus ini," ujar Fauci saat memberikan keterangan di hadapan Senat AS di Washington.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari BBC, Rabu 1 Juli 2020, ia mengingatkan jumlah infeksi di AS berpotensi terus melonjak karena masih banyak warga AS yang tidak menggunakan masker atau menjaga jarak sosial (social distancing).
 
Fauci juga mengatakan bahwa sekitar separuh dari total infeksi terbaru covid-19 di AS dalam beberapa hari terakhir berasal dari empat negara bagian.
 
Selasa kemarin, jumlah kasus covid-19 di AS bertambah lebih dari 40 ribu dalam kurun waktu 24 jam. Angka yang relatif tinggi itu merupakan kali keempat terjadi di AS dalam lima hari terakhir.
 
Lonjakan tersebut, yang sebagian besar terjadi di wilayah selatan dan barat, memaksa sedikitnya 16 negara bagian untuk menunda membuka kembali perekonomian mereka. Florida, Arizona, Texas, dan California adalah empat negara bagian yang dimaksud Fauci dalam keterangannya di Senat.
 
Selama ini Fauci dikenal sebagai tokoh yang vokal terhadap rencana pembukaan kembali perekonomian di AS.
 
"Saat terjadi wabah di salah satu bagian di suatu negara, maka wilayah lain yang relatif aman juga sebenarnya tetap rentan (terkena dampaknya)," ujar Fauci kepada Senator Elizabeth Warren.
 
"Kita tidak bisa hanya fokus kepada area-area yang mencatat adanya lonjakan (kasus covid-19)," sambungnya.
 
Berdasarkan data Johns Hopkins University pada Rabu ini, total kasus covid-19 di AS telah melampaui 2,6 juta dengan 127 ribu lebih kematian dan 720.631 pasien sembuh.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif