Polisi menangkap seorang pria yang diduga menjarah toko dalam kerusuhan di Chicago, AS, Senin 10 Agustus 2020. (Foto: AFP)
Polisi menangkap seorang pria yang diduga menjarah toko dalam kerusuhan di Chicago, AS, Senin 10 Agustus 2020. (Foto: AFP)

Kerusuhan Chicago, WNI Diimbau Hindari Tempat Penjarahan

Internasional amerika serikat
Marcheilla Ariesta • 11 Agustus 2020 12:59
Chicago: KBRI Chicago mengimbau warga negara Indonesia (WNI) agar tidak terlibat dalam aksi kerusuhan yang menimbulkan penjarahan di tengah kota. Aksi kerusuhan yang berujung penjarahan ini telah berlangsung sejak Senin, 10 Agustus 2020 dini hari waktu setempat.
 
"WNI diimbau meningkatkan kewaspadaan dan menghindari tempat-tempat aksi massa yang berpotensi terjadinya kerusuhan dan penjarahan," kata KJRI Chicago dalam pernyataan yang diterima Medcom.id, Senin, 10 Agustus 2020.
 
Selain itu WNI juga diimbau untuk memantau dengan seksama pengumuman dari aparat setempat, dan mematuhi anjuran yang dikeluarkan pihak berwajib.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KJRI Chicago menyatakan, sejauh ini kondisi WNI dalam keadaan aman.
 
"Sesuai hasil pemantauan KJRI Chicago, warga masyarakat Indonesia di Chicago dan sekitarnya dalam keadaan aman dan telah dihimbau melalui media sosial KJRI serta jalur komunikasi lainnya agar menghindari tempat-tempat terjadinya aksi kerusuhan," serunya.
 
Pada Senin dini hari waktu setempat, kerusuhan tiba-tiba pecah diikuti dengan penjarahan beberapa toko di Maginificent Mile, yakni sebuah kawasan kelas atas di tengah kota Chicago sepanjang lebih kurang 2 kilometer, terdiri dari pertokoan, restoran, perhotelan dan perkantoran.
 
Sejumlah pertokoan di kawasan tersebut yang mengalami pengrusakan dan penjarahan massa, disebutkan antara lain Apple Store, Best Buy, Nordstrom, dan Binny’s.
 
"Kejadian yang terjadi semalam adalah tindakan kriminal serius. Sebagai konsekuensi atas tindakan mereka, para pelaku akan ditindak sesuai hukum yang berlaku," ujar Walikota Chicago Lori Lightfoot dalam jumpa pers.
 
Ia menambahkan, bahwa aksi kali ini sangat mencederai upaya kota Chicago yang tengah bangkit memperbaiki perekonomiannya akibat pandemi covid-19 serta aksi unjuk rasa beberapa waktu lalu. Wali Kota juga mengimbau masyarakat yang memiliki informasi tentang para pelaku penjarah agar segera menyampaikannya ke aparat kepolisian.
 
(WIL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif