Grafik gempa bumi yang ditunjukkan alat seismograf. (Foto: AFP)
Grafik gempa bumi yang ditunjukkan alat seismograf. (Foto: AFP)

Tsunami Landa Alaska usai Gempa Bumi Magnitudo 7,5

Internasional amerika serikat tsunami Gempa Bumi
Willy Haryono • 20 Oktober 2020 09:06
Alaska: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,5 di dekat Sand Point, Alaska, Amerika Serikat, memicu gelombang tsunami. Scott Langley dari Pusat Peringatan Tsunami Nasional (NTWC) mengatakan, terdapat dua gelombang tsunami, masing-masing setinggi 130 sentimeter.
 
Namun sejumlah pengamat lain melaporkan, kedua gelombang terlihat memiliki ketinggian 45,7 cm dan 61 cm.
 
NTWC memonitor area pelabuhan di garis pantai Alaska sepanjang 800 kilometer. Peringatan tsunami langsung dikeluarkan usai gempa, namun intensitas ancamannya dikurangi pada Senin petang waktu setempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peringatan tsunami kala itu ditujukan untuk Semenanjung Alaska dan Alaska Selatan. "Untuk pesisir lainnya di AS dan Kanada di Amerika Utara, tidak ada ancaman tsunami," kata NTWC, dilansir dari laman CNN pada Selasa malam waktu AS atau Rabu pagi, 20 Oktober 2020, waktu Indonesia.
 
Episentrum gempa magnitudo 7,5 berjarak sekitar 96 km dari Sand Point di dekat Semenanjung Aleutian. "Kami merasakan (guncangannya)," kata seorang staf klinik Sand Point, Lorna Osterback.
 
"Guncangannya terasa cukup kuat. Ini gempa yang besar," sambungnya.
 
Osterback mengatakan, warga di kotanya sempat bergerak ke dataran tinggi dan menjauh dari pesisir usai menerima peringatan tsunami.
 
"Kami mengira akan ada satu (tsunami) lagi dalam kurun waktu setengah jam. Saya tinggal di sini, jadi peristiwa seperti ini cukup normal," lanjutnya.
 
Jeannette Piniones Navales memindahkan keluarganya dari Kodiak Island ke dataran tinggi di Pillar Mountain usai mendengar sirene peringatan Tsunami. Ia mengaku tinggal di Kodiak sejak 2014, dan ini merupakan kali keenam dirinya mendengar sirene tsunami.
 
"Saya khawatir dan langsung meyakinkan keluarga untuk pindah ke dataran tinggi demi keamanan," ucapnya kepada CNN.
 
Warga Homer juga terlihat beramai-ramai mengemudi ke dataran tinggi usai mendengar sirene tsunami dan perintah evakuasi.
 
Beberapa gempa susulan, termasuk yang berkekuatan magnitudo 5,9 dan 5,8, mengguncang Alaska beberapa jam usai guncangan pertama.
 
Baca:Gempa 8,2 SR Guncang Alaska Picu Peringatan Tsunami
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif