Anggota Dewan Keamanan PBB dalam sebuah pertemuan. Foto: AFP
Anggota Dewan Keamanan PBB dalam sebuah pertemuan. Foto: AFP

Prancis Bantah Laporan akan Serahkan Kursi Anggota Tetap DK PBB

Internasional pbb prancis Dewan Keamanan PBB
Fajar Nugraha • 22 September 2021 17:05
Paris: Prancis membantah laporan dari media Inggris, The Daily Telegraph pada Rabu yang menyebutkan bahwa mereka akan siap untuk memberikan kursi anggota tetap di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). Kursi anggota tetap dikabarkan akan diserahkan kepada Uni Eropa.
 
Mengutip seorang anggota parlemen Eropa, surat kabar itu mengatakan bahwa Prancis akan mempertimbangkan untuk bertukar kursi dengan imbalan dukungan dari anggota UE lainnya untuk tentara Eropa. Selain juga untuk mereformasi cara blok itu merumuskan kebijakan luar negerinya.
 
"Kami secara resmi menyangkal ini. Kursi itu milik kami dan akan tetap seperti itu," kata juru bicara kepresidenan Prancis, seperti dikutip AFP, Rabu 22 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami berkoordinasi dengan UE sebanyak mungkin dan dengan kedaulatan penuh," tambah juru bicara itu.
 
Prancis adalah salah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB bersama dengan Inggris, Tiongkok, Rusia, dan Amerika Serikat.
 
Namun komposisi lima anggota tetap DK PBB makin dianggap tidak sejalan dengan perubahan geopolitik internasional saat ini. Prancis sebelumnya mengusulkan reformasi di tubuh DK PBB, namun hingga sekarang proses itu sepertinya tidak didukung anggota tetap lainnya.
 
Banyak desakan agar anggota tetap DK PBB diperluas ke negara-negara lain. Hal ini bisa membuat terbentuknya keseimbangan di antara pemegang hak veto, karena saat ini DK PBB jelas hanya menguntungkan anggota tetap yang notabener adalah Negara Adidaya.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif