Freddy Guevara saat berada di Caracas, Venezuela, 9 September 2020. (Federico PARRA / AFP)
Freddy Guevara saat berada di Caracas, Venezuela, 9 September 2020. (Federico PARRA / AFP)

Petinggi Oposisi Venezuela Ditahan atas Dakwaan Terorisme

Internasional terorisme konflik venezuela venezuela
Willy Haryono • 13 Juli 2021 11:02
Caracas: Salah satu petinggi kubu oposisi Venezuela, Freddy Guevara, ditangkap atas dakwaan "terorisme" dan "pengkhianatan" pada Senin, 12 Juli 2021. Guevara, sekutu dekat pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido, ditahan oleh Badan Intelijen Nasional Bolivarian (Sebin) atas tuduhan terkait "grup ekstremis dan paramiliter" yang terasosiasi dengan Kolombia.
 
"Ia akan didakwa pasal terorisme, penyerangan terhadap konstitusi negara, konspirasi melakukan kejahatan, dan juga pengkhianatan," ujar Jaksa Agung Venezuela Tarek Saab, dilansir dari laman Digital Journal.
 
Guevara, yang menjadi anggota parlemen Venezuela pada 2015, sebelumnya pernah dituduh menghasut masyarakat untuk melakukan unjuk rasa menentang Presiden Nicolas Maduro. Dalam gelombang protes di Venezuela pada 2017, sekitar 125 orang demonstran tewas dalam bentrokan dengan pasukan keamanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah kantor kejaksaan melayangkan dakwaan penghasutan kepada dirinya, Guevara berlindung di kedutaan besar Chile. Selang beberapa waktu, Maduro memberikan pengampunan kepada Guevara, dan ia pun dibebaskan pada September 2020.
 
Namun pada Senin kemarin, Guevara menuliskan di media sosial bahwa dirinya dicegat beberapa agen intelijen di salah satu ruas jalan ibu kota Caracas.
 
"Salam untuk keluarga saya. Semoga semua ini berlangsung singkat," ucap Guevara melalui live broadcast.
 
Pemerintah Venezuela mengaitkan Guevara dan mentor politiknya, Leopoldo Lopez, atas bentrokan berdarah yang menewaskan 26 orang di Caracas pekan kemarin.
 
"Mereka menyamarkan diri mereka sebagai politikus demokratis, namun ternyata berteman dengan para kriminal," sebut Maduro tanpa menyinggung nama Guevara.
 
Baca:  Maduro Rebut Kendali Majelis Nasional Venezuela
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif