Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu. (Foto: AFP)
Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu. (Foto: AFP)

Pemimpin Lokal ISIS Ditangkap di Turki

Internasional turki isis
Willy Haryono • 01 September 2020 16:32
Ankara: Pemerintah Turki mengklaim telah berhasil menangkap pemimpin grup lokal terafiliasi Islamic State (ISIS). Pengumuman disampaikan Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu pada Selasa 1 September 2020, tanpa menyebutkan detail mengenai identitasnya.
 
"Sosok yang disebut-sebut sebagai pemimpin (ISIS) telah ditangkap. Terima kasih dan selamat kepada kepolisian," tulis Soylu via Twitter, dikutip dari laman Al Arabiya.
 
Ia menambahkan, sejumlah dokumen mengenai "rencana penting" telah disita polisi dalam penangkapan sosok pemimpin tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangkaian serangan di Turki pada 2013 dan 2015. Hal ini mendorong Pemerintah Turki dalam melancarkan serangan udara terhadap posisi ISIS di Suriah, sebelum grup tersebut akhirnya dikalahkan pasukan Kurdi.
 
Meski memerangi ISIS, Turki dituding telah mengirim sejumlah afiliasi kelompok tersebut ke Libya untuk berperang sebagai tentara bayaran dalam mendukung Pemerintahan Perjanjian Nasional (GNA).
 
Juli lalu, Arab Saudi dan Amerika Serikat menetapkan sejumlah warga Turki dan Suriah sebagai penyandang dana bagi ISIS.
 
Desember 2019, Turki menangkap 70 tersangka anggota ISIS dalam sejumlah operasi di negara tersebut.
 
"Sebanyak 33 orang ditangkap di Provinsi Ankara, yang hampir semuanya adalah warga Irak. Sementara sisanya ditangkap di Provinsi Batman, Kayseri, dan Adana,” ujar otoritas keamanan Turki kepada Anadolu Agency.
 
Satu bulan sebelumnya, Kementerian Pertahanan AS (Pentagon) menuding ISIS sengaja memanfaatkan penarikan pasukan AS dari Suriah untuk mengumpulkan kekuatan. ISIS juga disebut Pentagon memanfaatkan operasi lintas perbatasan Turki ke Suriah.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif