Warga mengenakan masker saat beraktivitas di New York, AS. (Foto: AFP)
Warga mengenakan masker saat beraktivitas di New York, AS. (Foto: AFP)

Trump Tunda Dialog Stimulus Covid-19 dengan Demokrat

Internasional amerika serikat Virus Korona joe biden donald trump Pilpres AS 2020
Willy Haryono • 07 Oktober 2020 11:31
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump menunda dialog undang-undang paket stimulus virus korona (covid-19) dengan Partai Demokrat. Negosiasi baru akan dilanjutkan setelah pemilihan umum presiden AS yang digelar pada 3 November mendatang.
 
Dialog anggaran covid-19, termasuk paket stimulus bagi warga AS di tengah pandemi covid-19, sudah berlangsung sejak Juli lalu. Dialog berlangsung antara Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi dengan Menteri Keuangan Steven Mnuchin.
 
Demokrat mengecam penundaan ini, karena dinilai mengabaikan nasib warga AS yang kesulitan secara ekonomi di tengah pandemi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika kalian tidak lagi bekerja, jika bisnis kalian ditutup, jika sekolah anak-anak kalian ditutup, Donald Trump telah memutuskan bahwa semua itu tidak penting baginya," kata calon presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, pada Selasa, 6 Oktober.
 
Trump merespons balik kecaman atas penundaan ini, dengan menyebut bahwa Demokrat hanya ingin bermain-main dengan paket stimulus pekerja di tengah pandemi covid-19.
 
"Nancy Pelosi dan Demokrat Sayap Kiri hanya ingin memainkan permainan. Mereka hanya ingin membantu kota-kota dan negara-negara bagian Demokrat yang gagal dan tingkat kejahatannya tinggi," sebut Trump.
 
"Mereka tidak pernah berniat membantu para pekerja," sambungnya, dikutip dari laman BBC pada Rabu, 7 Oktober 2020.
 
Ia mengaku telah memerintahkan ketua mayoritas senat Republik, Mitch McConnell, untuk fokus mengonfirmasi nominasi Amy Coney Barrett sebagai hakim baru di Mahkamah Agung AS.
 
McConnell mengatakan kepada awak media bahwa Trump menunda negosiasi stimulus karena meyakini bahwa upaya menyepakati sebuah perjanjian dengan Demokrat adalah sesuatu yang terlalu sulit.
 
"Kami perlu berkonsentrasi terhadap sesuatu yang bisa dicapai terlebih dahulu," ucap McConnell.
 
Anggota parlemen dari Demokrat dan Republik berharap pemerintah dapat meloloskan UU paket stimulus covid-19 sebelum pilpres. Namun berdasarkan pernyataan terbaru Trump, hal tersebut kemungkinan tidak akan terjadi.
 
Penundaan negosiasi stimulus covid-19 terjadi saat jumlah kasus covid-19 meningkat di beberapa wilayah AS, dan ketika virus tersebut mewabah di kalangan staf dan ajudan Gedung Putih.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif