Gubernur Michigan Gretchen Whitmer. (JEFF KOWALSKY/AFP/Getty)
Gubernur Michigan Gretchen Whitmer. (JEFF KOWALSKY/AFP/Getty)

Gubernur Michigan Tuding Trump Menghasut 'Terorisme Domestik'

Internasional amerika serikat Virus Korona donald trump
Willy Haryono • 19 Oktober 2020 08:50
Michigan: Gubernur Michigan Gretchen Whitmer menuding Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah menghasut "terorisme domestik" terkait seruan "penjarakan dirinya" dalam acara kampanye di akhir pekan. Whitmer menilai retorika Trump "sangat mengganggu" dirinya.
 
Dalam acara kampanye di Muskegon pada Sabtu malam, Trump mendorong para pendukungnya untuk mendesak Whitmer membuka kembali Michigan terkait pembatasan virus korona (covid-19). Saat massa mulai berteriak "penjarakan dirinya," Trump menambahkan, "penjarakan mereka semua."
 
"Presiden kembali berbuat seperti itu lagi, menginspirasi dan menghasut terorisme domestik," kata Whitmer, dilansir dari laman nzherald pada Senin, 19 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu adalah tindakan yang salah. Itu adalah tindakan berbahaya, bukan hanya bagi saya, tapi juga bagi semua pelayan publik di luar sana yang sedang bertugas dalam melindungi masyarakat," sambungnya.
 
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Nancy Pelosi mengatakan bahwa pernyataan Trump di Muskegon "tidak bertanggung jawab." Ia menuding Trump telah melakukan taktik rasa takut demi menggalang dukungan.
 
Sejumlah politisi Partai Republik dan staf kampanye Trump membela presiden. Menurut mereka, Trump tidak melakukan kesalahan apapun.
 
"Saya rasa dia tidak memprovokasi orang untuk mengancam perempuan tersebut. Dia hanya bersenang-senang dalam acara kampanye, dan sejujurnya ada isu yang lebih besar saat ini untuk masyarakat AS," sebut Lara Trump, penasihat senior dari tim kampanye petahana.
 
Partai Demokrat berusaha mengaitkan Trump dengan dugaan rencana penculikan terhadap Whitmer. Sebelumnya Trump pernah menuliskan pernyataan "BEBASKAN MICHIGAN!" terkait pembatasan covid-19 di negara bagian tersebut, terutama di Detroit.
 
Banyak pendukung Trump menentang pembatasan dan penguncian yang dilakukan Whitmer, dan tiga di antaranya dituding terlibat dalam rencana menculik Whitmer.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif