Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow pada 30 Juni 2022. Foto: Kremlin
Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow pada 30 Juni 2022. Foto: Kremlin

Polemik Ukraina Bantah Titip Amanah, Rusia Akui Jokowi Sampaikan Pesan ke Putin

Fajar Nugraha • 04 Juli 2022 12:00
Moskow: Juru Bicara Kepresidenan Ukraina, Sergey Nikiforov membantah bahwa Presiden Volodymyr Zelenksy mengirim pesan untuk Presiden Rusia Vladimir Putin melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ini terkait dengan kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia pekan lalu.
 
Menurut Nikiforov mengatakan bahwa pemimpin Ukraina, Zelensky, setiap kali ingin menyampaikan pesan kepada seseorang, bisa melakukannya secara publik.
 
Baca: Jokowi Sudah Sampaikan Pesan Presiden Ukraina kepada Putin.

Namun celoteh Nikiforov dibantah oleh Juru Bicara Istana Kepresidenan Rusia, atau Istana Kremlin, Dmitry Peskov. Peskov membenarkan ada pesan yang disampaikan kepada Putin.
 
Pesan itu memang ada. “Tetapi pesan yang disampaikan tidak dalam tertulis. Hanya itu yang bisa disampaikan saat ini,” ujar Peskov, seperti dikutip Tass, Senin 4 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi melakukan pertemuan dengan Zelensky pada 29 Juni di Istana Maryinksy, Kiev dan lanjut ke Moskow, Rusia untuk bertemu dengan Presiden Putin pada 30 Juni di Kremlin.
 
Selama pertemuan, Jokowi menyatakan kesediaan untuk membantu dialog antara kedua pemimpin. Kedatangan Jokowi ke kedua negara itu, fokus pada pembukaan jalur pangan Ukraina yang sempat ditutup Rusia.
 
Mantan Wali Kota Solo itu menyampaikan bahwa dirinya telah berdiskusi dengan Putin membahas masalah terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk. Gangguan ini bisa berdampak kepada ratusan juta masyarakat dunia, terutama di negara berkembang.
 
“Saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina maupun Rusia. Ini sebuah berita yang baik,” ujar Presiden dalam pernyataan pers bersama Presiden Putin, di Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis 30 Juni 2022, yang dikutip dari Setkab.go.id, Jumat 1 Juli 2022.
 
Baca: Presiden Jokowi Sebut Putin Jamin Keamanan Pasokan Pangan Dunia.

“Demi kemanusiaan, saya juga mendukung upaya PBB untuk reintegrasi komoditi pangan dan pupuk Rusia dan komoditi pangan Ukraina untuk masuk lagi dalam rantai pasok dunia. Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut, tadi sekali lagi Presiden Putin sudah memberikan jaminannya,” ujar Presiden Jokowi.
 
Menutup pernyataannya, Presiden menegaskan bahwa Indonesia tidak memiliki kepentingan apapun kecuali ingin melihat perang dapat segera selesai dan rantai pasok pangan, pupuk, dan energi dapat segera diperbaiki.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif