Evakuasi warga sipil dari Ukraina ke Rusia./AFP
Evakuasi warga sipil dari Ukraina ke Rusia./AFP

Rusia: 1.847 Anak-anak Dievakuasi ke Rusia Tanpa Partisipasi Ukraina

Internasional rusia Rusia-Ukraina Perang Rusia-Ukraina Rusia vs Ukraina
Marcheilla Ariesta • 03 Mei 2022 12:24
Moskow: Kementerian Pertahanan Rusia mengungkapkan lebih dari 11.500 orang, termasuk 1.847 anak-anak dievakuasi dari Ukraina ke Rusia. Evakuasi yang dilakukan kemarin tanpa partisipasi Kiev.
 
Jumlah yang dievakuasi tersebut termasuk dari wilayah Ukraina yang memisahkan diri, yakni Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk. Kedua wilayah ini diakui kemerdekaannya oleh Rusia, sesaat sebelum invasi ke Ukraina dimulai pada 24 Februari.
 
Rusia mengatakan, warga dievakuasi atas permintaan mereka sendiri. Sedangkan Ukraina menuturkan, Moskow secara paksa mendeportasi ribuan orang ke Rusia sejak awal invasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lebih dari 11.500 warga sipil, termasuk 1.847 anak-anak kami evakuasi dari Ukraina ke Rusia tanpa bantuan dari pihak Ukraina," tutur Kementerian Pertahanan Rusia, dilansir dari Malay Mail, Selasa, 3 Mei 2022.
 
Moskow menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi khusus" untuk demiliterisasi dan "denazifikasi" tetangganya. Ukraina dan Barat mengatakan Rusia melancarkan perang agresi yang tidak beralasan.
 
Baca juga: Seratus Warga Sipil Dievakuasi dari Pabrik Baja Mariupol
 
Kemarin warga sipil pertama yang dievakuasi dari pabrik baja raksasa di pelabuhan Mariupol yang terkepung tiba di kota Zaporizhzhia yang dikuasai Ukraina. 
 
Evakuasi ini sebagai bagian dari operasi PBB dan Komite Internasional Palang Merah yang dikoordinasikan dengan Ukraina dan Rusia.
 
Sementara itu, sejak 24 Februari, hampir 200.000 anak-anak dan 1,1 juta orang telah dievakuasi dari Ukraina ke Rusia. Hal ini berdasarkan catatan Kementerian Pertahanan Rusia.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif