Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden. (AFP)
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden. (AFP)

Joe Biden Tegaskan Vaksinasi Covid-19 di AS Tidak Wajib

Internasional amerika serikat Virus Korona joe biden vaksin covid-19 Pfizer
Willy Haryono • 05 Desember 2020 09:10
Delaware : Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden menegaskan dirinya tidak akan memaksa warga AS untuk menjalani vaksinasi saat vaksin virus korona (covid-19) sudah tersedia di Negeri Paman Sam. Pernyataan disampaikan Biden saat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mendorong "penggunaan masker universal" di dalam ruangan, kecuali jika warga AS berada di rumah mereka masing-masing.
 
CDC mengatakan, AS telah "memasuki fase transmisi level tinggi" dari covid-19.
 
Berbicara di Wilmington, Delaware, Biden mengatakan bahwa vaksinasi covid-19 tidak perlu diwajibkan untuk semua warga AS. Kendati begitu, ia mengaku akan tetap meminta masyarakat untuk menerima vaksin secara sukarela.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya akan melakukan apapun sesuai wewenang saya sebagai presiden untuk mendorong warga melakukan hal yang benar," kata Biden, dilansir dari laman BBC pada Sabtu, 5 Desember 2020.
 
Pew Research Center mengatakan, hanya 60 persen warga AS siap menerima vaksin covid-19, naik dari 51 persen pada September lalu. 
 
Kamis kemarin, Biden mengatakan kepada CNN bahwa dirinya siap menerima vaksin covid-19 di ruang publik untuk meredam kekhawatiran mengenai keamanannya. Tiga mantan presiden -- Barack Obama, George W Bush dan Bill Clinton -- juga mengaku siap menerima vaksin covid-19 di ruang publik.
 
Baca:  Kampanye Vaksin Aman, Obama, Clinton, dan Bush Akan Disuntik Depan Publik
 
Satu hari usai pernyataan Biden, AS mencatat hampir 225 ribu kasus baru dengan tambahan lebih dari 2.500 kematian. AS kini mencatat lebih dari 14,3 juta infeksi covid-19 dengan angka kematian di atas 278 ribu.
 
Biden, yang akan resmi menjadi presiden pada 20 Januari 2021, mengatakan bahwa acara pelantikan akan dikurangi tanpa adanya kerumunan massa dalam jumlah besar terkait kekhawatiran covid-19.
 
"Nanti mungkin tetap ada mimbar untuk seremoni pelantikan, tapi saya tidak tahu seperti apa detailnya," sebut Biden.
 
Perusahaan Pfizer dan Moderna sama-sama telah mengajukan penggunaan vaksin covid-19 ke Badan Pengawas Obat dan Makanan di AS (FDA). Namun izin penggunaan vaksin Pfizer sudah lebih dahulu diloloskan di Inggris pada Rabu kemarin.
 
Wakil Presiden AS Mike Pence mengatakan pada Jumat kemarin bahwa pemberian izin federal untuk vaksin covid-19 mungkin akan keluar sekitar "sepekan setengah" ke depan.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif