Warga Prancis berjemur di dekat Grand Palais, Paris. Foto: AFP
Warga Prancis berjemur di dekat Grand Palais, Paris. Foto: AFP

Lockdown Diperlonggar, Kasus Covid-19 di Prancis Menurun

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona
Fajar Nugraha • 21 Mei 2020 07:05
Paris: Belum ada tanda bahwa pelonggaran penguncian Prancis untuk memerangi virus korona telah meningkatkan epidemi. Hal ini dipastikan oleh Menteri Kesehatan Oliver Veran.
 
“Angka terbaru menunjukkan jumlah kematian harian cenderung lebih rendah,” ucap Veran, seperti dikutip AFP, Kamis, 21 Mei 2020.
 
Prancis pada 11 Mei meredakan penutupan atau lockdown parsial yang sudah berlangsung hampir dua bulan. Hal itu dilakukan dalam upaya untuk menghidupkan kembali ekonomi yang dihancurkan oleh epidemi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menkes Veran memperingatkan bahwa masih terlalu dini untuk menilai dampak pelonggaran tersebut. Namun dia menambahkan sejauh ini tidak ada tanda-tanda bahwa virus itu mendapatkan kembali dorongan.
 
"Butuh setidaknya 10 hingga 15 hari bagi kita untuk mengetahui apakah ada dampak pada epidemi," katanya kepada wartawan setelah pertemuan kabinet.
 
“Jumlah pasien (covid-19) di rumah sakit dan perawatan intensif terus turun. Jadi kita tidak melihat kenaikan dalam sirkulasi virus, tetapi itu tidak berarti bahwa virus tidak beredar," tambahnya.
 
Menambah pesan hati-hati karena banyak orang di Prancis bersiap untuk akhir pekan yang panjang , Presiden Emmanuel Macron menulis di Twitter: "Epidemi tidak ada di belakang kita. Kita tidak akan memperlambat upaya kita."
 
Menurut angka kementerian kesehatan terbaru, 110 lebih banyak kematian tercatat selama 24 jam terakhir di rumah sakit dan panti jompo. Ini menambah jumlah total kematian Prancis dari epidemi menjadi 28.135 jiwa. Jumlah total orang dalam perawatan intensif turun menjadi 1.794, turun 100 dari hari sebelumnya.
 
Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Kamis 21 Mei 2020, jumlah korban positif covid-19 dunia hingga 4.968.689 orang dan menyebabkan 326.515 kematian. Adapun warga yang sembuh mencapai 1.885.535 orang.
 

 

Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif