Guru bermasker mengajar di sebuah sekolah yang sudah dibuka kembali di Prancis. (Foto: Damien MEYER/AFP)
Guru bermasker mengajar di sebuah sekolah yang sudah dibuka kembali di Prancis. (Foto: Damien MEYER/AFP)

Prancis Kembali Tutup Sekolah usai Munculnya 70 Kasus Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Arpan Rahman • 20 Mei 2020 13:03
Paris: Pemerintah Prancis kembali menutup sejumlah sekolah usai munculnya 70 kasus virus korona (covid-19). Puluhan kasus itu muncul sepekan usai Prancis mengizinkan sejumlah sekolah untuk melanjutkan kegiatan belajar mengajar.
 
Pekan kemarin, Prancis mengizinkan sekolah menengah pertama untuk kembali dibuka. Izin tersebut merupakan bagian dari pelonggaran kebijakan penguncian wilayah (lockdown) seiring berlanjutnya tren penurunan kasus dan kematian akibat covid-19 di Prancis.
 
Senin kemarin, tambahan 150 ribu siswa SMP juga diizinkan untuk kembali belajar di sekolah. Siswa-siswa itu berasal dari semua wilayah kecuali Paris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Daily Express, Rabu 20 Mei 2020, Menteri Pendidikan Prancis Jean-Michel Blanquer mengatakan kepada radio RTL mengonfirmasi ditutupnya kembali sejumlah sekolah yang terkait dengan kemunculan 70 kasus covid-19. Ia menilai kemunculan puluhan kasus ini dapat membahayakan keselamatan siswa dan juga staf.
 
Pekan kemarin, Prancis membuka kembali sejumlah 40 ribu prasekolah dan sekolah dasar, dengan jumlah maksimal 15 siswa per kelas.
 
Blanquer tidak menyebutkan apakah 70 kasus covid-19 ini berada di kalangan siswa atau guru. Ia menyiratkan bahwa 70 individu positif covid-19 ini bisa saja terjangkit sebelum pembukaan kembali sekolah, karena masa inkubasi virus itu berkisar antara 7-14 hari.
 
Kemunculan 70 kasus ini meningkatkan kekhawatiran munculnya gelombang kedua covid-19. Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mewanti-wanti sejumlah negara yang telah atau akan melonggarkan lockdown untuk memperhitungkan segala sesuatunya dengan cermat.
 
Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Rabu, total kasus covid-19 di Prancis berada di angka 180.933 dengan 32.169 kematian dan 129.401 pasien sembuh.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif