Dr Anthony Fauci, Kepala Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS. (Alex Edelman / AFP/Getty)
Dr Anthony Fauci, Kepala Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS. (Alex Edelman / AFP/Getty)

Fauci Sebut Klaster Gedung Putih Seharusnya Dapat Dicegah

Internasional amerika serikat Virus Korona donald trump
Willy Haryono • 07 Oktober 2020 11:07
Washington: Dr Anthony Fauci, pakar penyakit menular ternama di Amerika Serikat, menilai klaster virus korona (covid-19) di jajaran staf dan ajudan Gedung Putih seharusnya dapat dicegah sejak awal. Sejak pekan kemarin, satu demi satu staf serta ajudan Presiden AS Donald Trump dinyatakan positif covid-19.
 
Sementara Trump dan Ibu Negara AS, Melania, mengumumkan diagnosis covid-19 mereka pada Jumat, 2 Oktober.
 
"Merupakan situasi yang sangat disayangkan, karena seharusnya semua itu dapat dicegah," kata Fauci, dalam konferensi virtual bersama mahasiswa American University pada Selasa, 6 Oktober.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih dari 12 staf Gedung Putih telah terinfeksi covid-19, termasuk manajer kampanye Bill Stepien, juru bicara Kayleigh McEnany, dan yang terbaru ajudan senior Stephen Miller.
 
Banyak dari mereka dinyatakan positif usai menghadiri acara di Gedung Putih pada Sabtu pekan kemarin, saat Trump mengumumkan nominasi hakim Mahkamah Agung Amy Coney Barrett. Serangkaian foto dari acara tersebut memperlihatkan banyak orang tidak mengenakan masker dan mengabaikan aturan menjaga jarak sosial (social distancing).
 
Merespons pertanyaan salah satu mahasiswa mengenai masih adanya sejumlah orang yang tidak memercayai eksistensi covid-19, Fauci memintanya untuk melihat data dari berbagai sumber terpercaya.
 
"Saat ini ada 210 ribu pasien meninggal dan 7,3 juta orang yang terinfeksi. Secara global, angka kematian (akibat covid-19) sudah melampaui 1 juta. Ini bukan hoaks," tegas Fauci.
 
"Tidak mungkin semua orang di dunia dan mitra-mitra Amerika berbohong dan menyebutnya sebagai hoaks," sambung dia, dikutip dari Business Insider pada Rabu, 7 Oktober 2020.
 
Sebelumnya, Fauci menyebut Trump belum sepenuhnya aman dari covid-19 meski sudah merasa lebih baik usai keluar dari rumah sakit Walter Reed National Military Medical Center.
 
Menurutnya, ada sejumlah pasien covid-19 yang kondisinya kembali memburuk setelah lima hingga delapan hari terjangkit virus tersebut.
 
Pernyataan senada telah disampaikan dokter Gedung Putih, Sean Conley. Meski menyebut Trump sudah memenuhi kriteria untuk keluar dari rumah sakit Walter Reed, ia menyebut sang presiden "belum sepenuhnya aman."
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif