Menteri Kesehatan Olivier Veran diperiksa karena dinilai lamban atasi covid-19. Foto: AFP
Menteri Kesehatan Olivier Veran diperiksa karena dinilai lamban atasi covid-19. Foto: AFP

Lamban Atasi Covid-19, Menkes Prancis Diperiksa Polisi

Internasional Virus Korona prancis covid-19
Fajar Nugraha • 15 Oktober 2020 16:26
Paris: Polisi Prancis menggeledah rumah Menteri Kesehatan Olivier Veran pada Kamis 15 Oktober 2020. Penggeledahan merupakan sebagai bagian penyelidikan atas penanganan pemerintah terhadap krisis virus korona.
 
Veran adalah salah satu dari beberapa menteri saat ini atau mantan menteri yang sedang diperiksa atas tanggapan mereka terhadap pandemi virus korona. Mereka diperiksa menyusul keluhan dari para korban covid-19, bahwa pemerintah lamban bertindak untuk memeriksa penyebaran covid-19.
 
“Kantor Veran juga digeledah sebagai bagian dari penyelidikan oleh pengadilan yang menyidangkan kasus dugaan kesalahan oleh menteri dalam menjalankan tugasnya,” lapor AFP, Kamis 15 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak hanya Veran, petugas juga menggeledah rumah direktur badan kesehatan nasional, Jerome Salomon.
 
Perdana Menteri Jean Castex juga sedang dalam penyelidikan terkait pandemi, seperti pendahulunya Edouard Philippe. Sementara pendahulu Veran di kementerian kesehatan, Agnes Buzyn juga sempat diperiksa.
 
Kritikus menuduh pemerintah terlalu lamban untuk melakukan pengujian covid-19 skala besar dan mengecilkan pentingnya memakai masker pada awal pandemi. Mereka juga mengkritik masker yang tidak banyak tersedia dan disediakan untuk petugas kesehatan.
 
Prancis bersama dengan beberapa negara Eropa lainnya tengah berkutat dengan gelombang kedua covid-19. Bahkan Presiden Emmanuel Macron menetapkan status darurat kesehatan untuk mengatasi pandemin ini.
 
Data Johns Hopkins University pada Kamis 15 Oktober 2020 menyebutkan jumlah kasus positif covid-19 di Prancis menyentuh angka 820.376 orang. Sementara korban meninggal dunia mencapai 33.058 jiwa dan pasien yang sembuh berada di 106.374 orang.

 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif