Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Sergei SUPINSKY / AFP)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Sergei SUPINSKY / AFP)

Zelensky Sebut Lebih dari 23 Ribu Prajurit Rusia Tewas Sejak Awal Invasi

Internasional ukraina rusia Rusia-Ukraina Volodymyr Zelensky Perang Rusia-Ukraina Rusia vs Ukraina
Willy Haryono • 01 Mei 2022 09:14
Kiev: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa lebih dari 23 ribu prajurit Rusia telah tewas sejak awal invasi pada 24 Februari lalu. Pernyataan terbaru disampaikan Zelensky dalam sebuah pidato pada Sabtu, 30 April 2022.
 
"Pasukan penjajah mengumpulkan tambahan pasukan untuk melancarkan serangan baru terhadap militer kami di wilayah timur," kata Zelensky, dikutip dari The Hill.
 
"Kami tahu bahwa komando Rusia tengah bersiap untuk kehilangan lebih banyak tentara. Di unit-unit militer tersebut, di mana personelnya sudah hampir hilang sepenuhnya atau melemah secara signifikan, berlangsung perekrutan prajurit baru yang memiliki sedikit motivasi dengan sedikit pengalaman tempur," sambungnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Zelensky, Rusia kini hanya ingin menambah kuantitas prajurit untuk dikirim ke medan perang. Ia menilai Rusia menyadari sepenuhnya bahwa tambahan ribuan prajurit Rusia akan tewas dan terluka dalam beberapa pekan ke depan.
 
Selain soal prajurit, Zelensky juga mengatakan bahwa banyak peralatan militer Rusia telah dihancurkan, termasuk hampir 200 pesawat tempur, 1.000 lebih tank dan sekitar 2.500 kendaraan lapis baja.
 
Meski estimasi korban tewas dalam invasi versi Rusia lebih rendah dari klaim Ukraina atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), seorang juru bicara Kremlin baru-baru ini mengakui bahwa Negeri Beruang Merah mengalami "kehilangan pasukan dalam jumlah signifikan."
 
Dalam beberapa hari terakhir, sejumlah pejabat Amerika Serikat dan negara lainnya memaparkan tersendatnya kemajuan Rusia dalam merebut beberapa wilayah Ukraina.
 
Baca:  Zelensky Tegaskan Rusia Mengincar Negara Lain setelah Ukraina
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif