NEWSTICKER
Seorang pria berjualan bendera di Istanbul tengah penyebaran virus corona covid-19 di Turki, 17 Maret 2020. (Foto: AFP)
Seorang pria berjualan bendera di Istanbul tengah penyebaran virus corona covid-19 di Turki, 17 Maret 2020. (Foto: AFP)

Kontak dengan Walkot Bogor, Staf KJRI Istanbul Isolasi Mandiri

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Marcheilla Ariesta • 21 Maret 2020 14:31
Ankara: Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal mengatakan para staf KJRI Istanbul telah disarankan untuk melakukan isolasi mandiri. Saran dikeluarkan terkait Wali Kota Bogor Bima Arya yang dinyatakan positif virus corona (covid-19) usai mengunjungi KJRI Istanbul.
 
"Semua yang kontak dengan beliau (Bima Arya) saat itu, baik staf maupun masyarakat, kita sarankan untuk isolasi mandiri," kata Lalu Muhammad Iqbal, Sabtu 21 Maret 2020.
 
"Dan bila mengalami demam hingga di atas 38 (derajat Celcius), maka perlu untuk dicek," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bima Arya dinyatakan positif covid-19 dari hasil tes SWAB yang diuji sejak Selasa, 17 Maret lalu. Bima menjalani tes usai kunjungan kerja dari Turki dan Azerbaijan.
 
Baca:Wali Kota Bogor Bima Arya Positif Covid-19
 
Saat Bima Arya mengunjungi KJRI Istanbul, sebenarnya sudah ada imbauan untuk menjaga jarak sosial di Turki. "Sebenarnya pada tanggal-tanggal itu di Turki sudah mulai dianjurkan social distancing," seru Iqbal.
 
Bima kini masih menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor. Perawatan dan isolasi berlangsung minimal hingga 14 hari ke depan.
 
Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins, total kasus covid-19 di Turki telah mencapai 670 per Sabtu ini. Iqbal menilai Pemerintah Turki telah mengambil langkah-langkah yang tepat dalam mencegah penyebaran covid-19.
 
"Nyaris tidak ada rush orang belanja sejauh ini, karena sudah ada ancaman bahwa siapapun yang menaikkan harga, akan dipidana," pungkasnya, merujuk pada fenomena panic buying di tengah pandemi covid-19.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif