Kongres AS minta para penumpang transportasi umum kenakan masker. Foto: AFP
Kongres AS minta para penumpang transportasi umum kenakan masker. Foto: AFP

Gedung Putih Tolak Penggunaan Masker di Transportasi Umum

Internasional amerika serikat Virus Korona Coronavirus virus corona
Fajar Nugraha • 31 Juli 2020 07:27
Washington: Gedung Putih pada Kamis 30 Juli 2020 menolak rancangan undang-undang (RUU) yang mewajibkan penumpang pesawat, kereta dan angkutan umum lainnya mengenakan masker selama pandemi virus korona. Ketentuan tersebut juga diwajibkan kepada pekerja di sektor angkutan.
 
Kantor Manajemen dan Anggaran Gedung Putih menyebut ketentuan dalam RUU pengeluaran DPR AS yang mengharuskan penggunaan masker ‘terlalu ketat’. Mereka menambahkan bahwa "keputusan seperti itu harus diserahkan kepada negara bagian, pemerintah daerah, sistem transportasi, dan para pemimpin kesehatan masyarakat."
 
Maskapai, Amtrak (jawatan kereta AS) dan sebagian besar sistem angkutan umum dan bandara AS mengharuskan semua penumpang dan pekerja untuk mengenakan penutup wajah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anggota Kongres dari Partai Demokrat David Price memimpin panel apropriasi yang mengawasi masalah transportasi, mengusulkan amandemen bulan ini untuk meminta kewajiban masker itu.
 
"Pengabaian terang-terangan Presiden Trump terhadap langkah-langkah kesehatan masyarakat dasar sudah cukup buruk. Tetapi mengancam akan menggelincirkan dana federal untuk program-program transportasi dan perumahan utama karena ketentuan yang masuk akal untuk penggunaan masker di pesawat, kereta api, dan bus sangat membingungkan," kata Price, seperti dikutip AFP, Jumat 31 Juli 2020 .
 
DPR diminta untuk memberikan suara pada RUU itu pada Jumat.
 
Pernyataan itu muncul ketika pejabat pemerintah telah mengadakan pembicaraan ekstensif dalam beberapa pekan terakhir tentang apakah Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) harus mengeluarkan perintah yang memerlukan penutup wajah di bandara AS, stasiun kereta api dan transit serta pesawat terbang, kereta api dan layanan transit.
 
Maskapai penerbangan telah menekan pemerintahan Trump untuk melakukan lebih banyak, termasuk mandat pemeriksaan suhu, sebagai cara meyakinkan penumpang yang waspada. Namun HHS menolak berkomentar.
 
Dalam surat 8 Juli, Kepala Eksekutif Airports Council International - Amerika Utara Kevin Burke mendesak Sekretaris HHS Alex Azar untuk mengeluarkan perintah yang mensyaratkan "penutup wajah oleh semua individu dalam transportasi udara."
 
"Persyaratan federal pada penutup wajah tidak hanya berfungsi untuk menanamkan kepercayaan pada mereka yang bekerja atau bepergian melalui bandara Amerika, tetapi juga memastikan aplikasi yang konsisten di seluruh sistem penerbangan," tulis Burke.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif