Presiden AS Donald Trump. (BSS/AFP)
Presiden AS Donald Trump. (BSS/AFP)

Trump Tegaskan Pengganti Ginsburg adalah Hakim Perempuan

Internasional amerika serikat donald trump
Willy Haryono • 20 September 2020 09:49
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana menominasikan seorang perempuan untuk menggantikan posisi Ruth Bader Ginsburg, seorang hakim Mahkamah Agung AS. Ginsburg meninggal akibat kanker pankreas di usia 87 tahun pada Jumat 18 September.
 
Trump berjanji akan segera memilih pengganti Ginsburg "tanpa adanya penundaan." Langkah tersebut memicu kekesalan Partai Demokrat, yang khawatir Partai Republik -- penguasa Senat AS saat ini -- akan kembali menempatkan tokoh konservatif untuk menggantikan Ginsburg yang berhaluan liberal.
 
"Saya akan menominasikan seseorang pekan depan. Nominasinya adalah seorang perempuan," kata Trump dalam sebuah acara kampanye di Fayetteville, North Carolina, Sabtu 19 September.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Menurut saya penggantinya memang harus perempuan, karena saya lebih suka perempuan daripada laki-laki," lanjut dia, dikutip dari laman BBC, Minggu 20 September 2020.
 
Sejumlah demonstran berteriak, "segera isi kursi itu!" saat Trump sedang berbicara. Para pendukung meminta Trump memanfaatkan kesempatan langka ini untuk menominasikan hakim ketiga Mahkamah Agung AS di satu masa kepemimpinan seorang presiden.
 
Bertolak belakang dari Trump, calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden berkukuh keputusan mengganti Ginsburg harus menunggu berakhirnya pilpres AS.
 
Sebelumnya pada saat kabar kematian Ginsburg menghentak publik AS, Trump sedang disorot kamera dalam sebuah acara kampanye di Minnesota. Trump terus berbicara dari satu isu ke isu lain, bahkan pernah menyebutkan soal Mahkamah Agung tanpa menyinggung kematian Ginsburg.
 
Tidak ada satu pun staf kepresidenan yang mengintervensi Trump untuk memberi tahu kabar kematian Ginsburg.
 
Komentar singkat disampaikan Trump mengenai Ginsburg saat dirinya hendak naik ke pesawat kepresidenan Air Force One.
 
"Dia (Ginsburg) meninggal? Saya tidak tahu itu. Dia telah menjalani kehidupan yang luar biasa, apa lagi yang bisa dikatakan mengenai beliau?" sebut Trump.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif