Trevor Reed saat masih dalam tahanan Rusia. Foto: AFP
Trevor Reed saat masih dalam tahanan Rusia. Foto: AFP

AS, Rusia Tukar Tahanan di Tengah Ketegangan Perang

Internasional Amerika Serikat rusia joe biden Perang Rusia-Ukraina
Fajar Nugraha • 28 April 2022 06:48
Washington: Amerika Serikat (AS) dan Rusia bertukar tahanan pada Rabu 27 April 2022 di tengah hubungan mereka yang paling tegang dalam beberapa dekade akibat perang di Ukraina. Mantan prajurit Marinir AS Trevor Reed dibebaskan dengan imbalan pilot Rusia Konstantin Yaroshenko.
 
Pejabat AS mengatakan, pertukaran itu bukan bagian dari pembicaraan diplomatik yang lebih luas dan tidak mewakili perubahan pendekatan Amerika di Ukraina.
 
Hubungan Rusia-Amerika berada dalam kondisi terburuk sejak era Perang Dingin menyusul invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari dan sanksi Barat berikutnya yang dikenakan pada Moskow.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Reed, dari Texas, sedang dalam perjalanan untuk bertemu kembali dengan keluarganya di Amerika Serikat. Pria berusia 30 tahun itu dalam kondisi yang baik.
 
"Hari ini, kami menyambut Trevor Reed di rumah dan merayakan kembalinya dia ke keluarga yang sangat merindukannya," kata Presiden Joe Biden dalam sebuah pernyataan, mencatat kekhawatiran mereka tentang kesehatan putra mereka.
 
"Negosiasi yang memungkinkan kami membawa pulang Trevor membutuhkan keputusan sulit yang tidak saya anggap enteng," tambah Biden, seperti dikutip AFP, Kamis 28 April 2022.
 
Reed dihukum di Rusia pada 2019 karena membahayakan nyawa dua petugas polisi saat mabuk dalam kunjungan ke Moskow. Amerika Serikat menyebut persidangannya sebagai ‘teater absurd’.
 
Sementara pihak AS mengatakan Biden meringankan hukuman Yaroshenko, seorang pilot Rusia yang ditangkap oleh pasukan khusus Amerika di Liberia pada 2010 dan dihukum karena konspirasi untuk menyelundupkan kokain ke Amerika Serikat. Rusia telah mengusulkan pertukaran tahanan untuk Yaroshenko pada Juli 2019 dengan imbalan pembebasan warga Amerika mana pun.
 
Pertukaran itu terjadi di Turki, dan Amerika Serikat berterima kasih kepada sekutu NATO-nya atas bantuannya dalam pertukaran itu. Kantor berita Rusia melaporkan Yaroshenko kemudian terbang dari Ankara ke Sochi dan akhirnya ke Moskow. Rossiya 1, saluran berita nasional utama Rusia, menunjukkan video Yaroshenko sedang dipeluk oleh istri dan putrinya, yang melompat-lompat kegirangan, di landasan di Bandara Moskow.
 
Halaman Selanjutnya
Biden dan Menteri Luar Negeri…
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif