Inggris tidak kesampingkan beri sanksi personal ke Presiden Rusia Vladimir Putin./AFP
Inggris tidak kesampingkan beri sanksi personal ke Presiden Rusia Vladimir Putin./AFP

Inggris Tak Mengesampingkan Penjatuhan Sanksi Personal terhadap Putin

Internasional ukraina Inggris rusia Rusia-Ukraina
Marcheilla Ariesta • 26 Januari 2022 20:10
London: Inggris tidak mengesampingkan opsi menjatuhkan sanksi personal kepada Presiden Rusia Vladimir Putin jika Moskow menginvasi negara tetangganya, Ukraina. Sikap Inggris ini disampaikan dalam pernyataan Menteri Luar Negeri Liz Truss.
 
Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah mewacanakan pemberian sanksi personal kepada Putin.
 
"Kami tidak mengesampingkan apapun," kata Truss mengenai kemungkinan sanksi pada Putin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami akan mengajukan undang-undang baru untuk membuat sanksi kami lebih keras sehingga kami dapat menargetkan lebih banyak perusahaan dan individu di Rusia," lanjut dia.
 
Ia mengungkapkan UU baru itu akan diajukan dalam beberapa hari ke depan. Truss juga menambahkan, Negeri Ratu Elizabeth telah memasok senjata defensif ke Ukraina.
 
Baca juga: Krisis Ukraina, Biden Ancam Putin dengan Sanksi Personal
 
Rusia disebut-sebut telah meningkatkan jumlah personel militernya di dekat perbatasan Ukraina hingga mencapai lebih dari 100 ribu. Negara-negara Barat khawatir Rusia dapat sewaktu-waktu menginvasi Ukraina, seperti yang sudah pernah dilakukan terhadap Krimea di tahun 2014.
 
Moskow telah berulang kali menegaskan tidak berniat menginvasi Ukraina. Rusia hanya mengatakan bahwa pihaknya berhak mengerahkan pasukan ke mana pun yang diinginkan, termasuk ke wilayah perbatasan.
 
Para pemimpin Barat meningkatkan persiapan militer dan membuat rencana untuk melindungi Eropa dari potensi terjadinya krisis energi jika invasi terjadi. Menurut Rusia, langkah semacam itu memperlihatkan rasa takut berlebih terhadap Negeri Beruang Merah, atau disebut dengan Russophobia.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif