Pfizer umumkan vaksin covid-19 yang mereka kembangkan 90 persen efektif. Foto: AFP
Pfizer umumkan vaksin covid-19 yang mereka kembangkan 90 persen efektif. Foto: AFP

Uni Eropa Incar Vaksinasi Covid-19 Pada Tahun Depan

Internasional Virus Korona uni eropa vaksin covid-19
Fajar Nugraha • 12 November 2020 08:54
Brussels: Uni Eropa berharap bisa lakukan suntik vaksin virus korona palin cepat tahun depan. Kabar itu dikeluarkan di saat angka covid-19 di beberapa negara Eropa meningkat.
 
Italia mencatat lebih dari satu juta kasus dan Inggris mengatakan jumlah kematiannya telah melampaui angka 50.000. Sementara Spanyol menyatakan angka kematian akibat virus ini mencapai 40.000.
 
Baca: Pfizer Klaim Vaksin Buatan Mereka 90 Persen Ampuh Cegah Covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Program vaksinasi dapat dimulai secara optimis (pada) kuartal pertama tahun depan. Tetapi saya tidak bisa lebih tepatnya," ujar Kepala Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC), Andrea Ammon, seperti dikutip AFP, Kamis 12 November 2020.
 
“Karena uji coba di AS dan Rusia menunjukkan bahwa vaksin yang saat ini dalam tahap akhir pengujian sejauh ini terbukti sangat efektif,” imbuhnya.
 
Vaksin dipandang sebagai peluang terbaik untuk memutus siklus lonjakan virus mematikan dan pembatasan parah di sebagian besar dunia sejak covid-19 pertama kali muncul di Tiongkok akhir tahun lalu. Hingga kini virus itu berkembang menjadi pandemi.
 
Pengumuman oleh raksasa farmasi AS Pfizer pada Senin bahwa vaksin yang dikembangkannya dengan BioNTech Jerman, 90 persen efektif telah memicu gelombang optimisme di seluruh dunia bahwa pandemi akan segera dikendalikan.
 
Sementara pada Rabu Rusia mengumumkan vaksin Sputnik V miliknya 92 persen efektif mengatasi covid-19, juga telah memicu reli lain di pasar saham dunia.
 
Namun demikian, secercah harapan belumlah cukup untuk mengalahkan statistik suram yang masih tercatat di seluruh dunia.
 
Baca: Tak Mau Kalah dari Pfizer, Rusia Tegaskan Sputnik V Juga Efektif.
 
Di Italia, jumlah kasus virus korona yang dikonfirmasi melewati angka satu juta. Sementara data resmi menunjukkan, hampir 43.000 orang telah meninggal.
 
Halaman Selanjutnya
  Belum selesai Di Inggris,…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif