ilustrasi grafik gempa bumi. (AFP)
ilustrasi grafik gempa bumi. (AFP)

Gempa Magnitudo 7,5 Guncang Peru, Robohkan Menara Gereja Abad ke-16

Internasional gempa Gempa Bumi peru
Willy Haryono • 29 November 2021 06:00
Lima: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,5 mengguncang Peru utara pada Minggu, 28 November 2021. Guncangan kuat tersebut merobohkan sebuah menara gereja Katolik abad ke-16, yang untungnya, tidak menelan korban jiwa maupun luka serius.
 
Menurut laporan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), dilansir dari USA Today, gempa terjadi di area minim penduduk sekitar pukul 05.52 waktu setempat. Kedalaman gempa berkisar 1,1 kilometer, sementara episentrumnya sekitar 40 km dari Barranca, kota pesisir berpenduduk 63 ribu jiwa.
 
Serangkaian foto dari lokasi kejadian memperlihatkan puing bangunan dari menara gereja yang ketinggiannya mencapai 12 meter. Unggahan sejumlah warganet di media sosial memperlihatkan dampak kerusakan di area lain dekat episentrum gempa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kuatnya guncangan terasa hingga sepanjang perbatasan utara Peru dekat Kolombia dan Ekuador.
 
Walter Culqui, wali kota Jalca Grande, mengatakan kepada media RPP Noticias bahwa sekitar "60 hingga 70 persen" dari total populasi di kotanya melaporkan kerusakan tempat tinggal.
 
"Ada tiga orang yang mengalami luka ringan," ucap Culqui.
 
Akhir Juli lalu, setidaknya 41 orang terluka akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 di Peru. Sejumlah warga di wilayah utara Peru berlarian keluar rumah saat gempa terjadi. Sebuah gereja kuno berusia ratusan tahun dilaporkan rusak dalam gempa terbaru.
 
Pada Mei 2019, gempa dahsyat berkekuatan magnitudo 8.0 di Peru menewaskan satu orang dan melukai sedikitnya 26 lainnya. Gempa juga merobohkan rumah dan memutus aliran listrik di sejumlah wilayah di negara tersebut.
 
Terletak di Cincin Api atau Ring of Fire, Peru adalah salah satu negara yang rentan dilanda aktivitas seismik.
 
Baca:  41 Orang Terluka akibat Gempa Magnitudo 6,1 di Peru
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif