Pasukan Rusia patroli di wilayah Donetsk, Ukraina. Foto: AFP
Pasukan Rusia patroli di wilayah Donetsk, Ukraina. Foto: AFP

Total 8 Warga Sipil Tewas dalam Serangan Terakhir Rusia di Donetsk dan Kharkiv

Internasional ukraina rusia Rusia-Ukraina Perang Rusia-Ukraina
Marcheilla Ariesta • 02 Mei 2022 09:29
Donetsk: Sebanyak delapan warga sipil tewas usai serangan penembakan Rusia di Donetsk dan Kharkiv. Pasukan Moskow terus mendorong diri lebih dalam ke Ukraina timur.
 
Tentara Rusia memfokuskan kembali upayanya di Ukraina timur, terutama di wilayah Donbas, yang menggabungkan Donetsk dan Lugansk.
 
"Pada 1 Mei, empat warga sipil tewas dalam penembakan Rusia di wilayah Donetsk, semuanya di Lyman. Sebelas orang lainnya terluka," ucap Gubernur Donetsk, Pavlo Kyrylenko di Telegram.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seorang lainnya meninggal karena luka yang diderita di sebuah kota dekat Lyman," sambungnya, dilansir dari AFP, Senin, 2 Mei 2022.
 
Lyman merupakan bekas pusat kereta api yang dikenal sebagai 'kota merah' untuk bangunan industri bata merahnya. Kota ini diperkirakan akan menjadi salah satu lokasi berikutnya yang jatuh ke tangan Moskow.
 
Selama 24 jam terakhir, pasukan nampaknya membuat kemajuan di sekitar kota. Tim AFP mengatakan, Rusia tampak maju selama beberapa kilometer dari posisi mereka di wilayah tersebut.
 
Sementara itu, Gunernur regional Kharkiv, Oleg Synegubov mengatakan, tiga orang lain tewas dalam penembakan di daerah pemukiman.
 
"Akibat penembakan ini, ada tiga orang tewas dan delapan warga sipil terluka," sambungnya.
 
Tentara Ukraina juga telah ditarik dari Kharkiv, pasukannya sekarang berada di posisi terpencil. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky baru-baru ini mengakui situasi sulit di Donbas. Pertambangan di Ukraina timur menjadi target prioritas pasukan Rusia sejak menginvasi pada 24 Februari.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif