Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Foto: AFP
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Foto: AFP

PM Inggris Johnson Tolak Mengundurkan Diri Terkait Pesta saat Lockdown

Internasional Inggris boris johnson covid-19 Varian Omicron
Fajar Nugraha • 27 Januari 2022 11:32
London: Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada Rabu 26 Januari 2022 menolak seruan oposisi untuk mengundurkan diri karena menghadiri pesta saat lockdown atau penguncian. Tetapi dia menerima bahwa aturan bahwa para menteri harus kehilangan pekerjaannya jika mereka dengan sengaja menyesatkan Parlemen diterapkan padanya.
 
Johnson, yang pada 2019 memenangkan mayoritas Konservatif terbesar dalam lebih dari 30 tahun, bersiap untuk publikasi penyelidikan resmi atas klaim bahwa ada beberapa pesta Downing Street yang memabukan selama penguncian. Dia mengatakan kepada Parlemen tidak ada aturan yang dilanggar.
 
Tidak segera jelas kapan hasil penyelidikan oleh pejabat Kantor Kabinet Sue Gray akan dipublikasikan, terutama karena polisi telah membuka penyelidikan mereka sendiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kasus Omicron Capai Puncak, Inggris Cabut Wajib Penggunaan Masker.
 
Ditanya oleh pemimpin oposisi Partai Buruh Keir Starmer apakah etika menteri, yang mengatakan bahwa menteri yang dengan sengaja menyesatkan Parlemen harus menawarkan untuk mengundurkan diri, diterapkan padanya, Johnson berkata: "Tentu saja."
 
"Jika dia menyesatkan Parlemen, dia harus mengundurkan diri," kata Starmer kepada Parlemen. "Apakah kamu sekarang akan mengundurkan diri?"
 
"Tidak," jawab Johnson, seperti dikutip The Straits Times, Kamis 27 Januari 2022.
 
Dia mengatakan, tidak bisa berbicara tentang penyelidikan terhadap pihak yang diduga. Johnson mengatakan pemerintahnya fokus untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan memimpin respons Barat terhadap krisis Ukraina.
 
Johnson telah memberikan berbagai penjelasan tentang partai-partai tersebut: Pertama, dia mengatakan tidak ada aturan yang dilanggar, tetapi kemudian dia meminta maaf kepada orang-orang Inggris atas kemunafikan pertemuan semacam itu.
 
Mantan Wali Kota London itu telah membantah tuduhan bahwa dia diperingatkan bahwa pertemuan penguncian "bawa minuman keras Anda sendiri" pada 20 Mei 2020, yang menurutnya dia pikir adalah acara kerja, tidak pantas.
 
ITV melaporkan pada Senin bahwa Johnson dan istrinya, Carrie telah menghadiri pesta kejutan hingga 30 orang untuk ulang tahunnya di Ruang Kabinet di Downing Street pada Juni 2020, ketika pertemuan dalam ruangan dilarang.
 
Polisi Inggris pada Selasa mengatakan mereka telah membuka penyelidikan mereka sendiri atas peristiwa penguncian di Downing Street, meningkatkan tekanan pada Johnson.
 
Beberapa anggota parlemennya telah menuntut dia mengundurkan diri, tetapi untuk memicu tantangan kepemimpinan, 54 dari 359 anggota parlemen Konservatif di Parlemen harus menulis surat tidak percaya kepada ketua Komite 1922 partai.
 
Jumlah surat yang dikirimkan dirahasiakan hingga mencapai ambang batas 54.
 
Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss, yang disebut-sebut sebagai calon perdana menteri masa depan jika Johnson digulingkan, mengatakan bahwa Downing Street belum menerima temuan laporan Gray tetapi laporan itu akan segera dirilis.
 
Ditanya tentang klaim bahwa Johnson dan stafnya telah berpesta di jantung negara bagian Inggris sementara orang-orang biasa bahkan dilarang mengucapkan selamat tinggal kepada kerabat mereka yang sekarat secara langsung, Truss mengatakan beberapa laporan itu mengkhawatirkan.
 
"Jelas perlu ada perubahan dalam budaya," kata Truss kepada BBC.
 
"Kami perlu mendapatkan hasil laporan, kami perlu melihat hasilnya dan memperbaiki masalah yang ada,” imbuhnya.
 
Ditanya apakah dia memiliki ambisi kepemimpinan, Truss mengatakan Johnson, 57, telah melakukan pekerjaan yang baik sebagai perdana menteri dengan memberikan Brexit dan menanggapi pandemi covid-19. Truss mengatakan dia 100 persen mendukung PM Johnson.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif