Sekelompok anak beraktivitas di wilayah Hajjah, Yaman, 16 Januari 2022. (ESSA AHMED / AFP)
Sekelompok anak beraktivitas di wilayah Hajjah, Yaman, 16 Januari 2022. (ESSA AHMED / AFP)

UNICEF: 17 Anak Tewas dalam Konflik Yaman Sepanjang Januari 2022

Internasional konflik yaman pbb arab saudi Pemberontak Houthi unicef
Willy Haryono • 23 Januari 2022 19:04
New York: Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) melaporkan bahwa 17 anak tewas terbunuh dalam konflik bersenjata di Yaman sepanjang Januari 2022. Angka ini terbilang tinggi untuk hitungan awal tahun dalam konflik Yaman yang sudah berkobar sejak 2014.
 
"Menurut sejumlah laporan, jumlah anak-anak yang tewas (dalam konflik Yaman) di awal tahun ini adalah 17," kata Direktur Regional UNICEF untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, Ted Chaiban.
 
"Angka ini hampir dua kali lipat dari total di bulan Desember lalu," sambungnya, dilansir dari Anadolu Agency, Minggu, 23 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Chaiban mengatakan bahwa anak-anak "hampir selalu menjadi korban pertama" dalam konflik bersenjata di mana pun, termasuk Yaman. Sejak 2014, UNICEF mencatat bahwa lebih dari 10 ribu anak-anak di Yaman telah tewas atau terluka.
 
"Data sebenarnya di lapangan mungkin lebih tinggi lagi," ungkap Chaiban. Ia menyerukan kubu-kubu bertikai dalam konflik Yaman untuk "menghormati aturan internasional dan melindungi masyarakat sipil, termasuk anak-anak."
 
Yaman dilanda perang sipil sejak 2014, di saat pemberontak Houthi menguasai sebagian besar wilayah di negara tersebut, termasuk ibu kota Sanaa. Satu tahun setelahnya, koalisi militer pimpinan Arab Saudi mengintervensi konflik Yaman.
 
Konflik Yaman disebut-sebut sebagai salah satu krisis kemanusiaan terburuk di era modern. Menurut estimasi PBB, hampir 80 persen atau sekitar 30 juta warga Yaman membutuhkan bantuan kemanusiaan dan perlindungan, sementara lebih dari 13 juta lainnya terancam kelaparan.
 
Eskalasi konflik Yaman meningkat sejak awal 2022, terutama setelah Houthi melancarkan serangan ke Uni Emirat Arab, salah satu anggota koalisi militer Arab Saudi.
 
Baca:  Angka Kematian Serangan Udara Koalisi Arab Saudi di Yaman Jadi 82
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif