NEWSTICKER
Warga Jerman mengantre di Jerman untuk melakukan tes virus korona. Foto: AFP
Warga Jerman mengantre di Jerman untuk melakukan tes virus korona. Foto: AFP

Jerman Terapkan Lockdown Jika Warga Bandel Berkeliaran

Internasional Virus Korona jerman Coronavirus virus corona
Marcheilla Ariesta • 20 Maret 2020 19:30
Berlin: Jerman kemungkinan akan melakukan lockdown atau penumpuan secara nasional untuk menghentikan penyebaran virus korona covid-19. Langkah ini akan ditempuh jika warga Jerman tidak mematuhi instruksi untuk tetap berada di rumah pekan ini.
 
"Kami akan melihat perilaku penduduk akhir pekan ini. Sabtu akan menjadi hari yang menentukan," kata Kepala Staf Kanselir Angela Merkel, Helge Braun, dilansir dari Channel News Asia, Jumat, 20 Maret 2020.
 
Jerman telah melakukan beberapa langkah besar untuk membatasi kehidupan publik demi memutus rantai covid-19. Namun Negeri Bavaria sepertinya akan mengambil langkah sama dengan Prancis, Italia, dan Spanyol untuk mengunci penuh negaranya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kanselir Jerman Angela Merkel diperkirakan akan bertemu dengan perdana menteri negara bagian untuk membahas kemungkinan penutupan pada Minggu besok. Dia khawatir publik tidak mengindahkan panggilan pemerintah untuk tetap di dalam rumah.
 
"Kami harap masyarakat memahami langkah-langkah saat ini dan siap untuk mengurangi kehidupan sosial. Jika kita melihat negara-negara tetangga, jelas bahwa (lockdown) akan menjadi beban tambahan yang sangat besar," seru Braun.
 
Namun, dia memperingatkan langkah-langkah lebih ketat dapat dilakukan jika warga terus bertemu di tempat umum. Semua bar, klub, pusat rekreasi, dan toko non-esensial telah ditutup.
 
Hal senada juga disampaikan Perdana Menteri Negara Bagian Baden-Wuerttemberg, Winfried Kretschmann. "Jika semua orang tidak mengubah perilaku mereka secara fundamental, kita tidak akan bisa menghindari tindakan dan sanksi lebih keras," tegasnya.
 
"Jika warga tidak melakukannya sendiri, maka kita bisa membuat keputusan seperti itu," pungkas pemimpin negara bagian terpadat di Jerman, North Rhine-Westphalia, Armin Laschet.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif