Seorang polisi bersiaga di wilayah Sisilia, Italia. (Foto: Miguel MEDINA/AFP)
Seorang polisi bersiaga di wilayah Sisilia, Italia. (Foto: Miguel MEDINA/AFP)

Berusaha Eksploitasi Pandemi, 91 Anggota Mafia Italia Ditangkap

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Arpan Rahman • 13 Mei 2020 19:03
Palermo: Sekelompok anggota mafia di Italia berusaha mengambil keuntungan di tengah pandemi virus korona (covid-19) dengan membeli sejumlah tempat usaha yang berhenti beroperasi. Pembelian dilakukan dengan menggunakan uang ilegal yang sudah terlebih dahulu "dicuci."
 
Dirilis dari Sky News, ratusan aparat kepolisian melancarkan operasi penyerbuan di Palermo pada Selasa 12 Mei. Mereka berusaha menghentikan sepak terjang kelompok mafia Cosa Nostra yang berusaha memanfaatkan krisis ekonomi Italia di tengah pandemi covid-19.
 
Polisi menangkap 91 terduga anggota Cosa Nostra dalam sejumlah penggerebekan di seantero Sisilia dan juga beberapa area di Italia utara. Para tersangka ditangkap atas tudingan pencucian uang, peredaran narkotika, pemerasan, dan skema pengaturan pertandingan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tim investigator mengklaim para mafia berusaha menggunakan uang ilegal tersebut untuk membeli hotel, restoran, apotik, dan berbagai tempat usaha lain yang relatif lesu di tengah pandemi.
 
"Kami membayar dengan uang tunai," ujar salah seorang tersangka dalam sambungan telepon yang disadap otoritas Italia.
 
Petugas dari Garda Finansial Italia juga telah menyita EUR15 juta (setara Rp242 miliar) dalam bentuk aset-aset ilegal, termasuk 13 ekor kuda pacu.
 
Memerintahkan penangkapan, hakim Palermo Piergiorgio Morosini mengatakan bahwa kebijakan penguncian wilayah (lockdown) di Italia terkait pandemi covid-19 telah memicu krisis ekonomi yang sulit untuk dipulihkan.
 
"Situasi seperti ini rentan dieksploitasi kelompok kejahatan terorganisasi," kata Morosini, dalam laporan surat kabar Corriere della Sera.
 
Tim jaksa penuntut, termasuk mereka yang menginvestigasi grup "Ndrangheta," memperingatkan bahwa para mafia mungkin akan mencoba merekrut warga yang kehilangan pekerjaan di tengah pandemi covid-19.
 
Para bos mafia di Italia sudah berusaha menguasai banyak bisnis di seantero negeri, bahkan sebelum munculnya covid-19.
 
Italia merupakan negara pertama di Eropa yang terkena dampak parah covid-19. Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Rabu 13 Mei 2020, total kasus covid di Italia berada di angka 221.216 dengan 30 ribu lebih kematian dan 109.039 pasien sembuh.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif