Petugas kesehatan melakukan tes covid-19 terhadap warga di Milwaukee, Wisconsin, AS pada 29 Oktober 2020. (Scott Olson/Getty/AFP)
Petugas kesehatan melakukan tes covid-19 terhadap warga di Milwaukee, Wisconsin, AS pada 29 Oktober 2020. (Scott Olson/Getty/AFP)

Kasus Harian Covid-19 di AS Sempat Lampaui 90 Ribu

Internasional amerika serikat Virus Korona joe biden donald trump Pilpres AS 2020
Willy Haryono • 31 Oktober 2020 11:37
Washington: Jumlah kasus harian virus korona (covid-19) di Amerika Serikat sempat mencetak rekor tertinggi di angka 91 ribu pada Kamis kemarin, di tengah lonjakan jumlah infeksi di beberapa negara bagian menjelang pemilihan umum presiden AS bulan depan. Di hari yang sama, lebih dari 1.000 warga AS dinyatakan meninggal akibat covid-19.
 
Berdasarkan data Johns Hopkins University (JHU), total kasus covid-19 di AS telah melampaui 9 juta dengan 229 ribu lebih kematian. Kematian harian akibat covid-19 di atas angka 1.000 merupakan kali ketiga di AS sejak awal pandemi.
 
Menjelang pilpres AS pada 3 November mendatang, 21 negara bagian mencatat lonjakan kasus harian covid-19. Lonjakan tertajam terjadi di beberapa negara bagian kunci yang akan memutuskan pemenang pilpres.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di negara bagian Wisconsin, sejumlah rumah sakit di Green Bay memperingatkan bahwa acara kampanye Presiden AS Donald Trump dapat berujung pada lonjakan infeksi.
 
"Merupakan hal penting untuk menghindari perkumpulan massa dalam jumlah besar, terutama di Green Bay, Wisconsin. Penyebaran covid-19 di sini merupakan salah satu yang tercepat di AS," ujar pernyataan gabungan rumah sakit Wisconsin, dilansir dari laman BBC pada Sabtu, 31 Oktober 2020.
 
Trump menjelaskan lonjakan angka kasus covid-19 memang wajar terjadi karena tingginya kapasitas tes di AS. Ia berulang kali menegaskan bahwa kapasitas tes covid-19 di AS merupakan yang tertinggi di dunia.
 
"Lebih banyak tes sama dengan lebih banyak kasus. Kita mempunyai tes terbaik. Tapi kematian (akibat covid-19) sudah jauh menurun," ungkap Trump menjelang acara kampanyenya.
 
Baca:Anak Trump Klaim Hampir Tak Ada Lagi Kematian Covid-19 di AS
 
Dalam beberapa acara kampanye Trump, para pengunjung telah diperiksa dan diberikan masker. Rangkaian acara juga digelar di luar ruangan demi meminimalisasi penularan covid-19.
 
Namun aturan menjaga jarak sosial (social distancing) tidak diterapkan dalam acara kampanye Trump, dan sebagian besar pendukung petahana juga tidak memakai masker.
 
Joe Biden, rival Trump dari Partai Demokrat, juga melanjutkan kampanye. Namun acara kampanye Biden menerapkan aturan ketat social distancing, pemakaian masker, dan mengimbau peserta untuk mendengarkan pidato dari dalam mobil masing-masing.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif