Presiden Belarusia Alexander Lukashenko. (Foto: AFP)
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko. (Foto: AFP)

Rusia Sebut Presiden Belarusia Berencana Ganti Konstitusi

Internasional Politik Belarusia
Willy Haryono • 15 September 2020 06:53
Sochi: Rusia mengatakan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko telah mengonfirmasi rencananya mengubah konstitusi negara. Rencana disampaikan saat Lukashenko bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Sochi, Senin 14 September.
 
Pertemuan terjadi saat Lukashenko tengah menghadapi gelombang aksi protes massal terkait pemilihan umum Belarusia. Oposisi menuding pilpres Belarusia dipenuhi kecurangan.
 
Lukashenko, yang telah berkuasa di Belarusia sejak 1994, sudah memunculkan wacana mengubah konstitusi negara sejak beberapa tahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam aksi protes terbaru, Lukashenko sempat mewacanakan kembali perubahan konstitusi. Ia juga mewacanakan digelarnya pemilihan umum presiden lebih awal.
 
Pesawat Lukashenko mendarat di Sochi satu hari usai polisi menangkap 774 orang dalam aksi protes anti-pemerintah di seantero Belarusia, termasuk 500 di wilayah ibu kota, Minsk. Pada Minggu 13, setidaknya 100 ribu pedemo memadati jalanan Minsk.
 
"Lukashenko mengonfirmasi keinginannya untuk membuat perubahan terhadap konstitusi," ucap juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, usai pertemuan di Sochi.
 
"Mereka berbicara hampir empat jam. Diskusi berlangsung konstruktif dan substantif," sambungnya, dilansir dari laman Al Jazeera, Selasa 15 September 2020.
 
Peskov menambahkan, Rusia menginginkan "semua yang terjadi di Belarusia berada kerangka aturan hukum."
 
Sebelumnya, Lukashenko mengaku ingin menggelar referendum, meski tidak memaparkan detailnya seperti apa. Ia juga pernah mewacanakan untuk mengurangi wewenang presiden dalam menunjuk hakim.
 
Konstitusi di Belarusia sudah pernah diganti Lukashenko. Demonstran oposisi menginginkan agar reformasi di Belarusia diganti ke posisi awal.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif