Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Jerman Uji Vaksin Covid-19 ke Manusia

Internasional Virus Korona jerman Coronavirus virus corona
Fajar Nugraha • 23 April 2020 14:30
Berlin: Pemegang wewenang vaksin Jerman menyetujui pengujian langsung kepada manusia, bagi vaksin potensial terhadap melawan covid-19. Vaksin ini dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi Jerman, BioNTech.
 
“Uji coba -,yang keempat di seluruh dunia,- akan dilakukan pada 200 orang sehat berusia antara 18 dan 55 tahun pada tahap pertama,” kata badan pengawas, Paul-Ehrlich-Institut (PEI), yang dikutip AFP, Kamis, 23 April 2020.
 
Agen pengawas menargetkan vaksin akan diuji pada lebih banyak orang, termasuk mereka yang berisiko lebih tinggi dari penyakit ini. Uji dalam skala besar itu akan dilakukan pada tahap kedua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BioNTech mengatakan, sedang mengembangkan kandidat vaksin, bernama BNT162, bersama dengan mitranya, raksasa farmasi Pfizer.
 
Tes vaksin juga telah direncanakan di Amerika Serikat. Namun masih menunggu persetujuan pengaturan untuk pengujian pada manusia.
 
“Uji coba adalah langkah penting dalam membuat vaksin tersedia sesegera mungkin,” imbuh PEI.
 
Pihak PEI menambahkan bahwa persetujuan itu adalah "hasil penilaian yang cermat terhadap profil risiko atau manfaat potensial dari calon vaksin".
 
Baik institut maupun pengembang belum menentukan kapan uji coba akan dimulai. Meskipun BioNTech menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa itu akan segera.
 
Lembaga ini juga mengatakan bahwa "uji klinis lebih lanjut dari kandidat vaksin covid-19 akan dimulai di Jerman dalam beberapa bulan ke depan"
 
Berdasarkan data dari Universitas Johns Hopkins per Kamis 23 April 2020 pukul 8.38 pagi, dalam skala global, kasus positif covid-19 mencapai 2.630.005 orang. Sedangkan korban meninggal berada di angka 183.470. Adapun pasien yang sembuh mencapai 713.768 orang.
 

Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif