Warga lakukan protes atas kematian George Floyd oleh polisi Minneapolis. Foto: AFP
Warga lakukan protes atas kematian George Floyd oleh polisi Minneapolis. Foto: AFP

Wali Kota Minneapolis Inginkan Pembunuh George Floyd Diadili

Internasional amerika serikat Kematian George Floyd
Fajar Nugraha • 28 Mei 2020 13:08
Minneapolis: Wali Kota Minneapolis Jacob Frey menyerukan dakwaan kriminal terhadap petugas polisi kulit putih yang membunuh warga kulit hitam, George Floyd. Floyd meninggal setelah lehernya diinjak oleh petugas polisi tersebut dengan posisi tangan terborgol.
 
Dalam sebuah video yang beredar, petugas polisi itu sengaja berlutut di leher Floyd yang diborgol. Korban pun yang mengeluh bahwa ia tidak bisa bernapas dan meninggal dalam tahanan polisi.
 
Baca: Empat Polisi AS Dipecat atas Kematian Pria Kulit Hitam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wali Kota Frey mengatakan, petugas Derek Chauvin harus didakwa atas kematian George Floyd. Rekaman yang direkam oleh pengamat menunjukkan Chauvin dengan lutut di leher Floyd, ketika korban yang berusia 46 tahun itu terengah-engah di tanah dengan wajahnya menempel di trotoar. Petugas tidak bergerak selama setidaknya delapan menit, bahkan setelah Floyd berhenti berbicara dan bergerak.
 
“Selama 36 jam terakhir, saya memiliki satu pertanyaan mendasar: Mengapa orang yang membunuh George Floyd tidak di penjara?,” ucap Frey mengatakan pada Rabu waktu AS atau Kamis waktu Indonesia.
 
"Saya tidak melihat ancaman (dari Floyd). Saya tidak melihat apa pun yang akan menandakan bahwa unjuk kekuatan semacam ini diperlukan,” tegas Frey, seperti dikutip Stuff, Kamis, 28 Mei 2020.
 
Sehari setelah Floyd meninggal, Chauvin dan tiga petugas lainnya dipecat. Pemecatan itu tidak membendung banjir kemarahan warga.
 
Para pengunjuk rasa berbaris lebih dari 3 kilometer pada Selasa ke kantor polisi di bagian kota itu. Mereka bentrok dengan petugas dan menyebabkan beberapa properti rusak. Star Tribune dari Minneapolis melaporkan lebih banyak konflik pada Rabu malam di kantor yang sama, dengan beberapa pedemo melemparkan batu dan botol ke polisi, yang merespons dengan peluru karet dan gas air mata. Surat kabar itu juga melaporkan penjarahan di toko Target di seberang jalan dari stasiun.
 
Demonstrasi lain berlangsung di jalan di luar rumah petugas Chauvin yang berada di pinggiran kota. Seorang petugas mengatakan kepada pengunjuk rasa bahwa Chauvin tidak ada di sana. Kaleng-kaleng cat merah sebelumnya tumpah di jalan masuk rumah, dan seseorang menulis ‘pembunuh’ di ujung jalan masuknya.
 
Baca: Kecam Kematian Floyd, Warga Minneapolis Bentrok dengan Polisi.
 
Banyak aktivis, warga negara dan selebritas menyerukan tuduhan kriminal sebelum Frey melakukannya. Tetapi keluarga Floyd dan masyarakat mungkin harus menunggu berbulan-bulan, jika tidak bertahun-tahun, sebelum penyelidikan selesai.
 
Pengacara keluarga Floyd, Benjamin Crump, seorang pengacara hak-hak sipil terkemuka, menyerukan protes damai.
 
“Kami tidak bisa tenggelam ke tingkat penindas kami, dan kami tidak boleh membahayakan orang lain selama pandemi ini,'' kata Crump dalam sebuah pernyataan.
 
"Kami akan menuntut dan pada akhirnya memaksa perubahan menyeluruh dengan menyoroti perlakuan yang mengerikan dan tidak dapat diterima serta dengan memenangkan keadilan,” tegasnya.
 
Kepala Polisi Medaria Arradondo, yang naik ke jabatan teratas setelah pendahulunya dipaksa keluar menyusul penembakan seorang wanita kulit putih tak bersenjata pada tahun 2017 oleh seorang perwira kulit hitam Minneapolis, mendesak para pemrotes untuk ‘bersikap hormat’. Dia bilang tetap bekerja untuk mengubah budaya departemen kepolisian.
 
"Satu insiden secara signifikan dapat membuat orang ragu akan hal itu," tutur Arrandondo.
 
Kepala polisi itu membela penggunaan gas air mata untuk membubarkan protes Selasa malam. Menurutnya para petugas menggunakannya hanya setelah beberapa orang masuk ke daerah aman yang memberi mereka akses ke mobil polisi dan senjata.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif