Menlu Retno Marsudi saat bertemu Menlu AS Mike Pompeo, Kamis 29 Oktober 2020. Foto: Dok.Kemenlu RI
Menlu Retno Marsudi saat bertemu Menlu AS Mike Pompeo, Kamis 29 Oktober 2020. Foto: Dok.Kemenlu RI

AS Siap Kucurkan USD327 Miliar untuk 250 Proyek Infrastruktur RI

Internasional indonesia-as menlu retno lp marsudi Mike Pompeo
Fajar Nugraha • 29 Oktober 2020 12:54
Jakarta: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menyampaikan bahwa kerja sama ekonomi dengan Indonesia sangat penting. Ini termasuk dalam kerja sama sektor swasta AS untuk menghasilkan vaksin covid-19.
 
Setelah melakukan pertemuan dengan Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri RI, Kamis 29 Oktober 2020, Menlu Pompeo membahas mengenai virus korona yang melanda dunia saat ini. Terlebih, kunjungan Pompeo ke Indonesia di lakukan saat pandemi covid-19 merebak tinggi di Negeri Paman Sam.
 
AS menurut Pompei telah memberikan sekitar USD11 juta USD dalam bantuan pemerintah AS, bagian dari lebih dari USD20 miliar yang telah dijanjikan pemerintah AS di seluruh dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Uang publik dan pribadi kami untuk respons global covid, sejauh ini paling banyak di dunia. Kami terus berfokus pada masalah global yang penting ini,” ujar Menlu Pompeo saat konferensi pers yang dilakukan secara virtual.
 
“Tetapi mungkin yang lebih penting, sektor swasta Amerika melakukan segala yang dapat dilakukannya untuk menghasilkan dan efektif vaksin dan terapi untuk mengalahkan virus yang mengerikan ini untuk kepentingan masyarakat kita dan juga dunia,” imbuhnya.

Hubungan terbuka dan bebas

Menlu Pompeo juga menegaskan bahwa Amerika Serikat adalah negara demokrasi yang dinamis dan beragam serta menghormati kebebasan beragama. Mereka menyebut diri menghormati kebebasan laut, kedaulatan, dan supremasi hukum. Ini adalah visi bersama untuk dunia.
 
“Hari ini Menteri Luar Negeri Retno dan saya dengan tegas untuk menjaga nilai-nilai bersama di jantung hubungan kita dan di jantung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” tegas Pompeo.
 
“Kita sepakat bahwa kedua negara dengan skala ekonomi seperti kita, ukurannya harus melakukan lebih banyak perdagangan bersama. Harus ada lebih banyak investasi di sini dari Amerika Serikat, terutama di digital, energi, dan sektor infrastruktur, dan saya akan melakukan yang terbaik untuk membantu mewujudkannya,” tuturnya.
 
Pompeo menambahkan, beberapa minggu yang lalu, kepala perusahaan pembiayaan pembangunan kami juga sedang melakukan pembicaraan. "Amerika siap untuk mempromosikan investasi sektor swasta yang dapat mendukung rencana Presiden Widodo untuk membelanjakan USD327 miliar untuk lebih dari 250 proyek infrastruktur," ucap Pompeo.
 
Menurutnya setiap negara ingin menciptakan kekayaan bagi rakyatnya, sektor swasta membutuhkan insentif yang tepat sebelum dapat masuk. “Agenda reformasi Indonesia sangat membantu dalam hal ini. Kami berharap Anda mengambil langkah untuk memberantas korupsi dan meningkatkan transparansi,” tegasnya.
 
Menlu Retno pun memaparkan aspek kerja sama Indo-Pasifik dalam pertemuan itu. Dia mengemukakan pentingnya penguatan multilateralisme yang membawa manfaat bagi semua negara.
 
Komitmen Indonesia dan ASEAN dalam menjaga perdamaian, stabilitas dan kemakmuran di kawasan, yang tercermin dalam Pernyataan Menteri Luar Negeri ASEAN pada 8 Agustus 2020. Selama lebih dari 50 tahun, peran ASEAN sangat signifikan dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan,.
 
Menlu perempuan pertama Indonesia itu juga menyampaikan komitmen untuk mempromosikan kerja sama Indo-Pasifik yang terbuka, inklusif, transparan, dan berbasis aturan.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif