Ilustrasi kecelakaan bus. (Medcom.id)
Ilustrasi kecelakaan bus. (Medcom.id)

10 Orang Tewas dan 44 Terluka dalam Kecelakaan Bus di Kroasia

Internasional kecelakaan bus Kroasia
Willy Haryono • 26 Juli 2021 07:35
Zagreb: Sebuah bus melaju keluar jalur dan terguling di salah satu ruas jalan raya di Kroasia, Minggu, 25 Juli 2021. Diduga diakibakan sopir yang tertidur, kecelakaan tersebut menewaskan 10 orang dan melukai 44 lainnya. 
 
Kecelakaan terjadi sekitar pukul 06.00 waktu setempat di dekat kota Slavonski Brod, di jalan raya antara ibu kota Zagreb dan perbatasan Serbia, sebuah jalur arteri utama yang sering dilewati turis sepanjang musim panas.
 
Polisi mengatakan bus yang terguling memiliki pelat nomor Kosovo, dan diketahui telah bertolak dari Frankfurt, Jerman, menuju kota Pristina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bus diketahui mengangkut 67 penumpang, termasuk anak-anak, dan dua sopir -- salah satunya meninggal dalam kecelakaan. Total 44 korban luka, delapan di antaranya dalam kondisi serius, telah dilarikan ke beberapa rumah sakit.
 
Satu sopir yang selamat telah ditahan polisi karena diduga tertidur dan kehilangan kendali saat mengemudi.
 
"Ia mengaku sempat tertidur sebentar," kata deputi jaksa penuntut umum Slavko Pranjic, dilansir dari laman Independent.
 
Seorang penumpang bernama Ramo Gashi menceritakan detik-detik usai terjadinya kecelakaan kepada saluran televisi HRT. "Saya melihat korban luka dan korban tewas. Saya melihat semuanya," ungkap  dia.
 
Perdana Menteri Kroasia Andrej Plenkovic mengekspresikan "duka mendalam" kepada keluarga korban dan masyarakat Kosovo. Presiden Kroasia Zoran Milanovic juga menyampaikan belasungkawa dan berharap korban luka dapat segera pulih.
 
Presiden Kosovo Vjosa Osmani, yang memangkas waktu kunjungannya di Olimpiade Tokyo, menyampaikan belasungkawa via Facebook dan mendeklarasikan hari Senin ini, 26 Juli 2021, sebagai hari berkabung nasional.
 
"Tragedi ini telah menimbulkan rasa sakit dan kehilangan yang begitu besar," ungkap Osmani.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif