Pembukaan toko WaRoeNG di Chicago, Illinois, AS pada Sabtu, 12 Juni 2021. (KJRI Chicago)
Pembukaan toko WaRoeNG di Chicago, Illinois, AS pada Sabtu, 12 Juni 2021. (KJRI Chicago)

Toko 'WaRoeNG' Jadi Obat Kangen Diaspora Indonesia di Chicago

Internasional Amerika Serikat indonesia-as diaspora indonesia Diaspora
Willy Haryono • 13 Juni 2021 20:03
Chicago: Obat kangen telah hadir untuk para diaspora Indonesia di Amerika Serikat yang tinggal di kota Chicago dan sekitarnya. Untuk kali pertama, produk makanan dan minuman dari Indonesia kini semakin mudah diperoleh, karena dapat dibeli di toko WaRoeNG di kota Schaumburg yang terletak sebelah barat Chicago.
 
Acara pembukaan WaRoeNG pada Sabtu kemarin berlangsung sederhana namun meriah. Acara ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan Wali Kota Schaumburg Tom Dailly, Senator Michelle Mussman, Konsul Jenderal RI Chicago Meri Binsar Simorangkir, Membership Director Asosiasi Bisnis Schaumburg Matt East, Presiden Indonesian Diaspora Network Martino Tangkar, serta tiga orang pemilik toko WaRoeNG Tasya Hardono, John Avila, dan Windy Priliantining.
 
"Ini bukan hanya mimpi saya, tapi juga mimpi orang Indonesia karena selama ini tidak ada grocery store Indonesia di Chicago," ujar Tasya Hardono, dalam keterangan tertulis KJRI Chicago yang diterima Medcom.id pada Minggu, 13 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain menjadi obat kangen bagi diaspora Indonesia, WaRoeNG juga disebut Tasya dapat menjadi jembatan untuk mendekatkan hubungan masyarakat AS dengan Indonesia. Schaumburg yang dihuni beragam warga merupakan kesempatan baik untuk memperkenalkan produk-produk Indonesia.
 
"Dengan mengundang wali kota, senator, dan asosiasi bisnis, saya ingin memperkenalkan kepada mereka bahwa produk-produk Indonesia juga berkualitas dan layak dihadirkan ke komunitas setempat," tegas Tasya yang juga merupakan pemilik restoran Indonesia 'Minahasa' di daerah pusat kota Chicago.
 
Tasya juga mengapresiasi KJRI Chicago yang sejak awal terus memberikan dukungan, termasuk memfasilitasi pertemuan dengan para importir produk makanan dan minuman yang banyak terdapat di Pantai Barat AS, hingga akhirnya WaRoeng berhasil dibuka.
 
Wali Kota Schaumburg Tom Dailly turut mengucapkan selamat atas dibukanya WaRoeNG. "Kami sangat senang Schaumburg dipilih sebagai lokasi toko ini," ujarnya.
 
Saat melakukan tur dengan pemilik toko dan tamu undangan lain, ia memuji banyaknya ragam produk yang ditawarkan. Menurutnya, hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi komunitas Indonesia dan warga setempat, sehingga WaRoeNG memiliki kesempatan baik untuk terus berkembang.
 
"Selain itu, sebagai penggemar kerajinan tangan, saya senang di sini juga dijual produk kerajinan yang sangat bagus," ujar Dailly sambil mengamati beberapa kerajinan kayu yang ada di rak toko.
 
Senator Michelle Mussman dari Illinois House of Representatives yang mewakili Distrik ke-56 juga menyambut gembira dibukanya WaRoeNG di Schaumburg. "Kehadiran wali kota dan asosiasi bisnis menunjukkan bahwa komunitas Schaumburg menyambut toko ini dengan tangan terbuka dan siap mendukung," ujar Senator Michelle.
 
Ia juga tersentuh saat mendengarkan cerita sejumlah diaspora Indonesia yang antusias karena toko ini akhirnya bisa mengingatkan mereka kembali pada masa lalunya. "Saya juga antusias karena berkesempatan mencoba beberapa makanan baru dari Indonesia," ujarnya bersemangat, sambil memamerkan keranjang belanjanya yang berisikan beberapa produk.
 
Schaumburg tercatat sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kedua terbesar di Negara Bagian Illinois. Di kawasan ini banyak terdapat peritel besar ternama maupun pebisnis menengah dan kecil.
 
"Situasi ekonomi tahun ini terus membaik. Ada lebih dari 4.000 pebisnis di Schaumburg dan jumlahnya terus bertambah," kata Membership Director Asosiasi Bisnis Schaumburg (SBA) Matt East seraya optimistis bahwa toko ini akan berkembang.
 
"Lebih jauh, ini dapat menjadi awal kerja sama yang lebih erat antara Indonesia dan Schaumburg. Asosiasi kami dan pemerintah setempat siap mendukung dan bekerja sama," pungkasnya.
 
Konsul Jenderal RI Chicago Meri Binsar Simorangkir turut menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya. "Ini merupakan toko pertama di Chicago dan sekitarnya yang benar-benar menghadirkan produk Indonesia, terutama makanan dan minuman," ujar Konjen Meri. Sejak tiba di Chicago, ia melihat bahwa masyarakat dan diaspora Indonesia di sekitaran Chicago mengalami kesulitan karena keterbatasan produk mamin Indonesia yang tersedia, sehingga terdorong untuk membawa produk mamin Indonesia yang lebih beragam ke wilayah Midwest. 
 
Selain menggenjot gastrodiplomasi untuk mempromosikan khazanah kuliner Indonesia dalam program Indonesian Gourmet Day melalui kolaborasi dengan sejumlah restoran Indonesia, KJRI Chicago juga intens melakukan diskusi dengan diaspora dan importir. Kehadiran toko WaRoeNG diharapkan semakin memperlancar distribusi produk mamin Indonesia ke wilayah Midwest, sehingga semakin mudah didapat oleh diaspora Indonesia dan warga lokal.
 
Selain itu, keberadaan toko ini tentunya akan semakin memperkuat eksposure dan diharapkan dapat mendorong ekspor produk mamin Indonesia ke wilayah Midwest, sejalan dengan misi Pemerintah dalam rangka peningkatan ekspor produk-produk Indonesia yang tengah digencarkan KJRI Chicago.
 
Setelah resmi dibuka, WaRoeNG langsung diserbu oleh warga dan diaspora Indonesia yang antusias dan tidak sabar untuk berbelanja produk-produk makanan dan minuman Indonesia.
 
Baca:  KJRI Chicago Sukses Gaungkan Kuliner Indonesia di Amerika Serikat
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif