Ilustrasi serangan fisik. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi serangan fisik. (Foto: Medcom.id)

FBI Selidiki Dugaan Penyerangan Pria Kulit Hitam di Indiana

Internasional amerika serikat Kematian George Floyd
Willy Haryono • 08 Juli 2020 08:25
Indiapolis: Biro Investigasi Federal atau FBI menyelidiki dugaan penyerangan terhadap seorang pria kulit hitam oleh sekelompok kulit putih di area danau di Indiana, Amerika Serikat. Vauhxx Booker, seorang aktivis hak sipil, mengaku didorong dan ditekan ke sebuah pohon oleh sekelompok pria kulit putih, yang meneriakinya kata-kata kasar.
 
Tidak hanya itu, sekelompok pria kulit putih itu juga mengancam akan membawa "tali gantung" yang biasa digunakan dalam eksekusi mati ke hadapan Booker di area danau Monroe Lake.
 
Dikutip dari laman TIME, Selasa 7 Juli 2020, FBI menginvestigasi laporan Booker sebagai dugaan kejahatan bernuansa kebencian rasial. Peristiwa tersebut terjadi pada akhir pekan kemarin, saat warga AS merayakan peringatan Hari Kemerdekaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagian besar aksi penyerangan tersebut direkam kamera video oleh beberapa rekan Booker. Katherine Liell, pengacara Booker, mengatakan dalam konferensi pers bahwa FBI sedang meminta keterangan sejumlah saksi dan akan segera mengeluarkan tuntutan.
 
"Kami ingin kasus ini diinvestigasi sebagai kejahatan bernuansa kebencian. Sudah jelas kasus ini bermotif rasial," ujar Liell.
 
"Setiap hari kami akan meneruskan perjuangan ini, sampak keadilan dapat ditegakkan," sambungnya.
 
Chris Bavender, seorang pejabat urusan publik FBI di Indianapolis, menolak berkomentar mengenai investigasi yang masih berjalan. Booker sempat berbicara dalam konferensi pers, dan mengaku senang karena FBI dilibatkan dalam investigasi.
 
"Sejujurnya, saya sedih semua ini harus terjadi. Padahal saya hanya ingin bersenang-senang bersama teman-teman saat itu," sebut Booker.
 
Masih dalam konferensi pers, Liell mengeluhkan kinerja pejabat penegak hukum Indiana yang dinilai "kurang bergerak cepat" dalam merespons laporan terjadinya penyerangan di Monroe Lake.
 
Dugaan penyerangan terhadap Booker terjadi di tengah meningkatnya ketegangan rasial di AS usai kematian pria kulit hitam George Floyd pada Mei lalu.
 

(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif