NEWSTICKER
Pemerikan virus korona di AS makin dipercepat. Foto: AFP
Pemerikan virus korona di AS makin dipercepat. Foto: AFP

400 Ribu Alat Tes Covid-19 Dikirim ke Laboratorium AS

Internasional amerika serikat virus corona Berita Virus Corona Hari Ini
Fajar Nugraha • 18 Maret 2020 18:15
Indianapolis: Perusahaan medis Roche memulai pengiriman pertama alat tes virus korona covid-19 ke laboratorium di Amerika Serikat (AS). Sebanyak 400 ribu alat tersebut didistribusikan.
 
Alat cobas SARS-CoV-2 itu akan dibagikan ke rumah sakit dan laboratorium rujukan yang merawat pasien covid-19. Keberadaan alat ini memungkinkan pengujian pasien dengan volume tinggi secara otomatis.
 
Pengiriman 400 ribu alat uji itu dimulai Jumat, 13 Maret, dan akan selesai minggu ini. Roche berencana untuk mengirimkan 400 ribiu alat tambahan per minggu ke lokasi pengujian laboratorium di seluruh negara. Alat ini disiapkan untuk menjalankan tes segera di bawah pedoman Otoritas Penggunaan Darurat (EUA) Administrasi Makanan dan Obat AS (FDA).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami berterima kasih kepada FDA karena mempercepat proses untuk memberikan Otorisasi Penggunaan Darurat untuk tes ini,“ kata Matt Sause, Presiden dan CEO Roche Diagnostics Amerika Utara.
 
“Kami mulai mengirimkan alat uji segera sehingga laboratorium dapat mulai menawarkan pengujian volume tinggi sesegera mungkin dan memberi lebih banyak pasien akses ke diagnostik yang andal. Bersama-sama, kita dapat membantu mengatasi ini dengan serius
penyakit,” imbuh Sause, dari situs resmi Roche, yang dikutip Medcom.id, Rabu, 18 Maret 2020.
 
Berdasarkan ketenuan EUA, uji cobas SARS-CoV-2 dimaksudkan untuk deteksi kualitatif SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan penyakit COVID-19. Pengujian dilakukan pada pasien yang memenuhi kriteria klinis COVID-19 dan atau epidemiologis untuk pengujian. Tes ini menggunakan sampel swab nasofaring atau orofaring (diambil dari bagian belakang hidung atau tenggorokan).
 
Alat uji sedang dikirim ke jaringan lebih dari 30 rumah sakit dan laboratorium rujukan di AS yang sudah memiliki instrumentasi yang diperlukan dan memiliki kemampuan untuk segera melaksanakan pengujian volume tinggi. Penyedia layanan kesehatan di seluruh AS dapat mengirim sampel pasien ke laboratorium ini untuk diproses.
 
Laboratorium menjalankan tes pada sistem sepenuhnya otomatis Rochas cobas 6800 dan cobas 8800 Roche, yang dapat memproses hingga 384 hasil (sistem Cobas 6800) dan 960 hasil (sistem Cobas 8800) dalam waktu 8 jam. Setelah laboratorium memulai tes, hasilnya tersedia dalam waktu sekitar tiga setengah jam.
 
Menurut Roche, tes ini hanya dapat dipesan oleh seorang tenaga medis profesional, sehingga pasien yang memiliki gejala yang konsisten dengan covid-19 harus pergi ke penyedia layanan kesehatan mereka untuk evaluasi.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif