Paus Fransiskus. Foto: AFP.
Paus Fransiskus. Foto: AFP.

Paus Serukan Prioritas Vaksin Covid-19 untuk Warga Miskin

Internasional vaksin covid-19
Marcheilla Ariesta • 26 September 2020 18:12
Vatican City: Paus Fransiskus menegaskan warga miskin dan masyarakat lemah harus menjadi prioritas dalam pendistribusian vaksin virus korona (covid-19). Pernyataan ini disampaikan Fransiskus secara virtual dalam Sidang Majelis Umum PBB.
 
Berbicara dari Vatikan, Paus menuturkan pandemi covid-19 telah menyoroti kebutuhan mendesak untuk mendorong sektor kesehatan masyarakat dan memastikan akses vaksin secara merata.
 
"Jika ada yang harus diberi prioritas, maka mereka adalah kelompok termiskin dan paling rentan, mereka yang begitu sering mengalami diskriminasi, karena mereka tidak memiliki kekuatan atau sumber daya ekonomi," katanya, dilansir dari Channel News Asia, Sabtu, 26 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Paus Francis mengatakan, negara-negara kaya seharusnya tidak menimbun vaksin virus korona. Terlebih, kata dia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan agar tidak ada nasionalisme vaksin.
 
WHO juga mendesak negara-negara untuk bergabung dalam pakta global untuk berbagi calon vaksin covid-19 dengan negara-negara berkembang dan negara miskin.
 
Lebih dari 150 vaksin eksperimental covid-19 sedang dalam pengembangan. Beberapa di antaranya sedang dalam uji coba tahap akhir.
 
Di bagian lain pidatonya, Fransiskus berulang kali menyerukan kepada negara-negara kaya untuk mengurangi atau menghapus utang yang membebani negara miskin. Ia menegaskan perlu adanya perubahan mendasar dalam lembaga ekonomi dan keuangan untuk menangani kesenjangan perekonomian yang semakin melebar akibat pandemi ini.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif