CoronaVac, vaksin covid-19 buatan perusahaan Sinovac asal Tiongkok. (Foto: Nelson ALMEID/AFP))
CoronaVac, vaksin covid-19 buatan perusahaan Sinovac asal Tiongkok. (Foto: Nelson ALMEID/AFP))

Brasil Libatkan Vaksin Sinovac dalam Program Imunisasi Covid-19

Internasional Virus Korona brasil vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19
Willy Haryono • 21 Oktober 2020 11:00
Brasilia: Pemerintah Brasil berencana melibatkan vaksin buatan perusahaan Tiongkok, Sinovac Biotech Ltd, sebagai bagian dari program imunisasi virus korona (covid-19) berskala nasional. Program imunisasi untuk seantero Brasil ini dijadwalkan dimulai pada Januari 2021.
 
Gubernur Sao Paulo, Joao Doria, mengatakan bahwa pemerintah federal Brasil telah sepakat membeli 46 juta dosis CoronaVac, vaksin buatan Sinovac.
 
Brasil merupakan salah satu negara yang masuk lima besar dunia dalam hal jumlah kasus covid-19. Saat ini jumlah infeksi covid-19 di Brasil sudah hampir menyentuh angka 5,3 juta dengan 154 ribu lebih kematian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika disetujui oleh regulator kesehatan, maka CoronaVac akan menjadi satu dari dua vaksin covid-19 yang masuk dalam program imunisasi nasional Brasil. Dikutip dari BBC pada Rabu, 21 Oktober 2020, satu vaksin lainnya yang sedang diupayakan Brasil adalah buatan Oxford University dan AstraZeneca.
 
Sebelumnya Doria pernah mengungkapkan rencana untuk menggunakan vaksin Sinovac terhadap seluruh masyarakat Sao Paulo. Saat ini vaksin tersebut sedang menjalani uji klinis di Butantan Institute di Sao Paulo.
 
Pihak institut mengumumkan pada Senin kemarin bahwa dua dosis vaksin Sinovac terlihat aman saat digunakan dalam uji klinis fase akhir. Namun, mereka mengingatkan bahwa ini baru hasil awal karena uji klinis masih berlangsung.
 
Butantan Institute menegaskan, data mengenai efektivitas vaksin Sinovac baru akan dirilis saat uji klinis selesai sepenuhnya.
 
Selain di Brasil, uji klinis vaksin Sinovac juga tengah berlangsung di Turki dan Indonesia.
 
Baca:Sinovac Akan Uji Vaksin Covid-19 ke Remaja dan Anak-anak
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif