Pfizer-BioNTech memangkas pengiriman vaksin covid-19 di Eropa. Foto: AFP
Pfizer-BioNTech memangkas pengiriman vaksin covid-19 di Eropa. Foto: AFP

Pfizer Pangkas Pengiriman Vaksin Covid-19 di Eropa Hingga 50 Persen

Internasional uni eropa vaksin covid-19 Pfizer
Fajar Nugraha • 22 Januari 2021 15:24
Bukares: Pfizer telah memangkas setengah volume vaksin covid-19 yang akan dikirimkan ke beberapa negara Uni Eropa (UE) minggu ini. Pemotongan itu membuahkan rasa frustrasi dari negara Eropa yang sudah memesan vaksin.
 
Rumania akan mendapatkan 50 persen dari volume yang direncanakan minggu ini dan pasokan hanya akan meningkat secara bertahap. “Pengiriman baru kembali normal hingga akhir Maret,” ujar Wakil Menteri Kesehatan Andrei Baciu.
 
Situasi serupa di Polandia yang pada Senin menerima 176.000 dosis. Pasokan mereka turun sekitar 50 persen dari yang diharapkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah Ceko bersiap menghadapi gangguan yang terjadi pada minggu-minggu terakhir, memperlambat kampanye vaksinasi tepat saat dosis kedua vaksinasi sedang berlangsung.
 
"Kami berharap akan ada pengurangan jumlah janji vaksinasi terbuka dalam tiga minggu ke depan," Menteri Kesehatan Jan Blatny mengatakan kepada wartawan pada Kamis.
 
Blatny mengatakan pengiriman Pfizer turun sekitar 15 persen minggu ini dan sebanyak 30 persen selama dua minggu berikutnya.
 
Pfizer dan mitranya dari Jerman, BioNTech, menolak mengomentari pemotongan di luar pernyataan mereka pekan lalu. Mereka mengumumkan pemotongan pengiriman saat mereka meningkatkan manufaktur di Eropa.
 
Tetapi sebelumnya, dalam sebuah pernyataan, produsen obat tersebut mengatakan pengiriman dipengaruhi oleh perubahan pada proses manufakturnya yang dirancang untuk meningkatkan produksi.
 
Beberapa negara merasa mereka bisa mengatasinya. Norwegia memiliki persediaan darurat dan akan terus memberikan dosis sesuai rencana.
 
Sementara produsen obat AS itu telah memberi tahu Bulgaria dan Polandia bahwa mereka akan mengganti dosis yang hilang.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif