Presiden Joko Widodo berpidato di Sidang Majelis Umum PBB. Foto: BPMI/UN TV
Presiden Joko Widodo berpidato di Sidang Majelis Umum PBB. Foto: BPMI/UN TV

Jokowi Sampaikan Fokus Kepemimpinan Indonesia di G20

Internasional Jokowi pbb KTT G20 presiden joko widodo Indonesia Ketua G20
Marcheilla Ariesta • 23 September 2021 11:16
New York: Presiden Joko Widodo menyampaikan Presidensi Indonesia di G20 tahun depan di depan para pemimpin dunia dalam Sidang Majelis Umum ke-76 Perserikatan Bangsa-Bangsa (SMU PBB). Dalam pidatonya, presiden menekankan kepemimpinan Indonesia di G20 untuk memajukan kepentingan semua pihak.
 
"Presiden sampaikan mengenai tema besar Presidensi Indonesia adalah 'Recover Together, Recover Stronger'. Presiden juga menekankan bahwa presidensi Indonesia akan memajukan kepentingan semua, yang berarti inklusivitas, termasuk kepada kelompok rentan," seru Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam jumpa pers dari New York, Kamis, 23 September 2021.
 
Ia menambahkan, dalam presidensi nanti Indonesia juga akan memberikan perhatian pada ekonomi hijau dan berkelanjutan. Presiden Jokowi menuturkan, Indnoesia memiliki nilai strategis dalam isu perubahan iklim.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Presidensi G20 Bakal Tarik Investasi ke Indonesia
 
Jokowi menyampaikan pentingnya berbagi beban. Ia juga menekankan pentingnya multilateralisme yang efektif dengan kerja dan hasil konkret.
 
Dalam pidatonya tersebut, Jokowi juga menyampaikan empat poin penting dari Indonesia. Jokowi meminta agar masyarakat diberi harapan pandemi dapat tertangani.
 
Selain itu, pemulihan ekonomi juga penting untuk masa depan dunia. Jokowi menegaskan jika kerja sama adalah inti dari pemulihan ekonomi.
 
Ia juga menekankan komitmen terhadap ketahanan iklim, pembangunan rendah karbon, dan teknologi hijau. Dan poin terakhit, presiden menekankan pentingnya dunia untuk fokus melawan intoleransi, konflik, terorisme, dan perang.
 
Dalam UNGA, Presiden Jokowi juga berpartisipasi dalam dua konferensi tingkat tinggi (KTT) virtual, yakni KTT Major Economies Forum on Energy and Climate Change, dan Global Covid-19 Summit.
 
Retno mengatakan, dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menjadi pembicara pertama dan salah satu yang utama.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif