Kebakaran hutan bernama Windy Fire berkobar di area Hutan Nasional Sequoia di California, AS, 22 September 2021. (Patrick T. FALLON / AFP)
Kebakaran hutan bernama Windy Fire berkobar di area Hutan Nasional Sequoia di California, AS, 22 September 2021. (Patrick T. FALLON / AFP)

Kebakaran Windy Fire di California Ancam Hutan Nasional Sequoia

Internasional Amerika Serikat kebakaran hutan kebakaran perubahan iklim
Willy Haryono • 28 September 2021 12:20
California: Petugas pemadam berusaha keras memadamkan kebakaran hutan bernama Windy Fire yang mengancam wilayah permukiman warga di Sierra Nevada dan Hutan Nasional Sequoia di California, Amerika Serikat. Sejak pekan kemarin, lebih dari 2.000 petugas berupaya menjinakkan api di dekat Tule River Indian Reservation dan Tamah Nasional Sequoia.
 
Menurut keterangan Hutan Nasional Sequoia, Windy Fire telah menghanguskan lahan seluas lebih dari 344 kilometer per segi. Dalam 24 jam terakhir hingga Senin waktu AS, jumlah lahan yang terbakar bertambah sejauh 28 km persegi.
 
Dikutip dari laman TRT World, Selasa, 28 September 2021, sejauh ini kobaran Windy Fire baru dapat dikendalikan sebesar 2 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah permukiman warga di dekat Windy Fire telah dievakuasi, dan mereka yang belum mengungsi diminta untuk segera melakukannya. Kebakaran ini mengancam sekitar 2.000 warga dan juga 100 tempat usaha di Sierra Nevada. Dua bangunan komersil dikabarkan telah hangus terbakar.
 
Baca:  50 Ribu Orang Dievakuasi dari Kebakaran Hutan Dekat Lake Tahoe California
 
Di wilayah utara Hutan Nasional Sequoia, dua titik api yang muncul dari sambaran petir telah merembet hingga seluas lebih dari 189 kilometer persegi. Kebakaran di wilayah KNP Complex tersebut baru bisa dikendalikan sebesar 8 persen.
 
Dari utara KNP Complex, petugas melakukan pembakaran terkendali terhadap vegetasi liar dalam upaya meredam penyebaran Windy Fire.
 
Pekan kemarin, deretan pohon tua di Hutan Nasional Sequoia telah dilindungi dari kobaran api dengan menggunakan material tahan panas.
 
Kekeringan di Amerika barat terkait perubahan iklim membuat upaya penanganan kebakaran hutan semakin sulit. Untuk wilayah California saja, kebakaran hutan telah menghanguskan jutaan pepohonan.
 
Sejumlah ilmuwan mengatakan perubahan iklim telah membuat Amerika Barat menjadi lebih hangat dan kering dalam 30 tahun terakhir. Kondisi ini akan membuat cuaca menjadi lebih ekstrem dan juga meningkatkan risiko kebakaran hutan destruktif.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif