Petugas pemadam menangani kebakaran hutan di wilayah Belin-Beliet, Prancis. (AFP)
Petugas pemadam menangani kebakaran hutan di wilayah Belin-Beliet, Prancis. (AFP)

Petugas Pemadam Berhasil Tangani Kebakaran Hutan 'Monster' di Prancis

Willy Haryono • 14 Agustus 2022 08:22
Gironde: Petugas pemadam berhasil menghentikan perluasan kebakaran hutan "monster" di wilayah barat daya Prancis, memungkinkan otoritas setempat membuka kembali ruas jalan raya untuk arus lalu lintas warga.
 
"Kebakaran tidak meluas lebih jauh berkat perjuangan keras petugas pemadam," ujar keterangan resmi otoritas lokal Gironde via Twitter, dilansir dari rnz.co.nz pada Minggu, 14 Agustus 2022.
 
Bala bantuan dari seantero Eropa telah membantu petugas pemadam lokal dalam memadamkan kebakaran yang melanda hutan di wilayah Gironde sejak Selasa kemarin. Kebakaran tersebut telah memaksa 10.000 warga mengungsi dari rumah mereka masing-masing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kebakaran hutan di Gironde sempat membesar karena tiupan angin, dan membuat temperatur udara di sekitar mencapai 40 derajat Celcius dalam beberapa hari terakhir.
 
Wilayah barat daya Prancis telah dilanda sejumlah kebakaran hutan pada Juli, yang menghanguskan lebih dari 20.000 hektare lahan dan memaksa evakuasi hampir 40.000 ribu orang.
 
Rentetan gelombang panas telah memicu kebakaran hutan di seantero Eropa sepanjang musim panas ini, memperlihatkan risiko nyata dari perubahan iklim terhadap sektor industri dan kehidupan masyarakat.
 
Baca:  Gelombang Panas Jilid Dua Kembali Serang Eropa, Kebakaran Hutan Meluas
 
Lebih dari 1.000 petugas pemadam Prancis didukung ratusan lainnya dari Eropa. Mereka terus berdatangan ke Prancis hingga Sabtu kemarin.
 
Ratusan petugas juga memerangi kebakaran hutan di Britanny, di mana api telah menghanguskan 400 hektare lahan. Kebakaran hutan juga melanda wilayah Jura, di mana 500 hektare lahan telah terbakar.
 
Lebih dari 60.000 hektare lahan di Prancis telah hangus terbakar sepanjang tahun ini, enam kali lebih banyak dari rata-rata periode 2006-2021, berdasarkan data dari Sistem Informasi Kebakaran Hutan Eropa.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif