NEWSTICKER
Presiden AS Donald Trump memberikan keterangan mengenai covid-19 di Gedung Putih, Washington, Minggu 22 Maret 2020. (Foto: AFP/Getty)
Presiden AS Donald Trump memberikan keterangan mengenai covid-19 di Gedung Putih, Washington, Minggu 22 Maret 2020. (Foto: AFP/Getty)

Trump Aktifkan Garda Nasional di Tiga Negara Bagian

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Arpan Rahman • 23 Maret 2020 13:22
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan bahwa dirinya telah mengaktifkan Garda Nasional di tiga negara bagian yang terkena dampak terparah dari pandemi penyakit virus korona (covid-19). Tiga negara bagian tersebut adalah New York, California, dan Washington.
 
"Pemerintah federal telah mengerahkan ratusan ton pasokan dari cadangan nasional ke beberapa lokasi yang paling membutuhkan," kata Trump dalam konferensi pers mengenai covid-19 di Gedung Putih.
 
Pengerahan pasokan sepenuhnya dibiayai Agensi Manajemen Darurat Federal (FEMA). Sementara untuk personel Garda Nasional, pergerakannya akan dikomandoi gubernur negara bagian masing-masing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pasokan yang dikirim ke negara bagian New York, California, dan Washngton meliputi tempat tidur, masker N95, dan sarung tangan.
 
"Negara-negara bagian ini adalah yang terkena dampak paling parah. Kita sedang berperang dan berjuang melawan musuh yang tak terlihat," ungkap Trump, disitat dari Newsweek, Senin 23 Maret 2020.
 
Baca:Trump Umumkan Status Darurat Korona untuk Washington
 
Garda Nasional AS akan membantu ketiga negara bagian lewat pengerahan personel dan juga sumber daya, termasuk sejumlah fasilitas medis untuk memerangi pandemi covid-19.
 
Sejak pertama kali muncul di Tiongkok pada akhir Desember 2019, covid-19 telah menyebar ke lebih dari 170 negara. Di AS, virus tersebut telah menyebar ke semua negara bagian.
 
Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins, jumlah kasus covid-19 di AS telah melampaui 35 ribu dengan 471 kematian dan lebih dari 170 pasien sembuh.
 
Minggu 22 Maret, Wakil Presiden Mike Pence mengonfirmasi bahwa lebih dari 250 ribu warga AS telah menjalani tes covid-19. Ia optimistis jumlah tes dapat lebih diperbanyak pada pertengahan pekan ini.
 
Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendorong semua negara untuk memperbanyak tes korona ke masing-masing warga.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif