NEWSTICKER
Menlu Inggris Dominic Raab. (Foto: AFP)
Menlu Inggris Dominic Raab. (Foto: AFP)

Turis Inggris di Luar Negeri Diimbau untuk Segera Pulang

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Arpan Rahman • 24 Maret 2020 16:29
London: Semua turis Inggris yang sedang bepergian ke luar negeri "sangat disarankan" untuk segera pulang. Menteri Luar Negeri Dominic Raab khawatir jika warga Inggris tidak segera pulang, mereka dapat telantar di tengah pandemi penyakit virus korona (covid-19).
 
"Kami sangat menyarankan agar semua pelancong Inggris yang ada di luar negeri untuk segera pulang selagi masih ada rute (penerbangan) komersil," kata Raab.
 
"Semakin banyak maskapai yang menghentikan penerbangan, sejumlah bandara juga ditutup. Beberapa dari mereka bahkan melakukannya tanpa pemberitahuan," lanjutnya, dinukil dari Metro.co.uk, Selasa 24 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran (FCO) mengatakan, penutupan sejumlah rute penerbangan mungkin akan terus bertambah dalam 48 jam ke depan. Saat ini sudah ada sejumlah turis Inggris yang terkena dampak penutupan penerbangan, dan FCO mengaku akan bekerja keras untuk membantu mereka semua.
 
"Pesan saya kepada masyarakat Inggris di luar negeri: Seiring semakin banyaknya negara yang menutup perbatasan dan membuat penerbangan internasional semakin sulit, Anda semua disarankan untuk pulang sekarang, selagi masih ada opsi," tulis Raab di Twitter.
 
Saran dari Raab ditujukan kepada para wisatawan Inggris, bukan mereka yang tinggal di luar negeri. Pemerintah Inggris mengaku terus berkoordinasi dengan sejumlah maskapai untuk memastikan rute pulang tetap tersedia bagi para pelancong.
 
Sementara itu, Perdana Menteri Boris Johnson telah menetapkan penutupan wilayah secara menyeluruh atau lockdown di seantero Inggris.
 
Lewat lockdown ini, pergerakan masyarakat sangat dibatasi, termasuk larangan untuk berkumpul yang melibatkan lebih dari dua orang.
 
Keputusan lockdown diambil PM Johnson pada Senin 23 Maret 2020 malam. Ia memperingatkan warga untuk tetap berada di dalam rumah, dan hanya boleh keluar untuk membeli makanan atau obat-obatan.
 
Semua toko non-esensial di seantero Inggris harus ditutup, begitu juga dengan taman bermain dan perpustakaan.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif