Presiden AS Donald Trump inginkan pertemuan langsung G7. Foto: AFP
Presiden AS Donald Trump inginkan pertemuan langsung G7. Foto: AFP

Trump Konfirmasi Pertemuan G7 Secara Langsung di Gedung Putih

Internasional amerika serikat Virus Korona Coronavirus virus corona
Fajar Nugraha • 22 Mei 2020 05:22
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengonfirmasi rencana kemungkinan pertemuan puncak langsung para pemimpin G7. Trump mengatakan itu akan ‘terutama’ dilakukan di Gedung Putih.
 
"Sepertinya G7 akan aktif," katanya kepada wartawan pada Kamis 21 Mei waktu setempat.
 
“Pertemuan terutama akan dilakukan di Gedung Putih mungkin ada bagian di Camp David," ujar Trump, serayya menyebutkan tempat lokasi peristirahatan Presiden AS di Maryland itu, seperti dikutip AFP, Jumat, 22 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Trump pertama mengutarakan harapan untuk memulihkan KTT yang dihilangkan pada Rabu 20 Mei. Dia menyerukan rekan-rekannya dari Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia dan Jepang untuk ikut serta dalam acara tersebut.
 
Awalnya, KTT telah dijadwalkan untuk Camp David pada Juni. Ketika pandemi covid-19 melanda dunia, menghentikan banyak perjalanan udara dan memaksa seluruh negara untuk melakukan penguncian, rencana diubah menjadi pertemuan konferensi video.
 
Gedung Putih mengatakan sekarang ini menempatkan pertemuan diplomatik besar kembali dalam agenda sebagai ‘unjuk kekuatan’ ketika ekonomi dunia secara bertahap muncul kembali dari penutupan.
 
Kelompok Tujuh negara-negara maju utama mengadakan pertemuan tahunan untuk membahas koordinasi ekonomi internasional. Bimbingan mereka sekarang bahkan lebih penting karena mereka berjuang untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh virus korona
 
Presiden Dewan Eropa Charles Michel pada Kamis menjadi pemimpin tingkat tinggi terbaru untuk memberikan tanggapan positif yang sangat hati-hati terhadap gagasan pertemuan puncak secara langsung. Juru bicaranya mengatakan Michel akan menghadiri "jika kondisi kesehatan memungkinkan."
 
Amerika Serikat adalah negara yang paling parah terkena infeksi covid-19, mencatat lebih dari 1,5 juta kasus dan lebih dari 93.000 kematian.
 

 

Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif