Ilustrasi vaksin, Foto: Medcom.id.
Ilustrasi vaksin, Foto: Medcom.id.

Temui Dirjen WHO, Menlu Update Vaksin Merah Putih

Internasional vaksin covid-19
Marcheilla Ariesta • 16 Oktober 2020 21:41
Jenewa: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Ghebreyesus dalam kunjungannya ke Jenewa, Swiss. Dalam pertemuannya, Retno memberikan update terhadap pengelolaan virus korona (covid-19) di Indonesia.
 
"Kami menjelaskan mengenai upaya Indonesia untuk mendapatkan vaksin, bekerja sama dengan beberapa negara," ujar Retno dalam jumpa pers virtual, Jumat, 16 Oktober 2020.
 
Ia menambahkan, memberikan informasi terbaru mengenai upaya para ahli vaksin Indonesia mengembangkan vaksin nasional, Vaksin Merah Putih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami juga menjelaskan mengenai rencana vaksinasi dan sepakat dengan WHO untuk terus melakukan koordinasi dan komunikasi, baik dalam persiapan maupun pelaksanaan vaksinasi," imbuhnya.
 
Indonesia dan WHO, kata Retno, sepakat untuk terus meningkatkan komunikasi dan kolaborasi dalam pengelolaan pandemi.
 
Dalam pertemuan tersebut, Retno juga menekankan kembali dukungan Indonesia terhadap multilateralisme, termasuk masalah vaksin.
 
"Indonesia menekankan pentingnya semua negara dunia untuk memperkuat solidaritas di antara negara dunia, agar dunia dapat segera mengatasi pandemi ini secara bersama dan segera," ujarnya.
 
Mantan Duta Besar RI untuk Belanda itu juga membahas mengenai Foreign Policy and Global Health (FPGH). Indonesia menjadi ketua FPGH dan mengambil tema 'affordable health care for all'.
 
Retno mengatakan dirjen WHO mengapresiasi kepemimpinan Indonesia dalam FPGH. Menurut Tedros, isu tersebut menjadi lebih relevan selama pandemi ini.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif