Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo. Foto: AFP.
Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo. Foto: AFP.

Kedatangan Pompeo Menegaskan Indonesia Penting Bagi AS

Internasional indonesia-as
Marcheilla Ariesta • 23 Oktober 2020 18:12
Washington: Indonesia dinilai sebagai salah satu mitra penting dan strategis Amerika Serikat di kawasan. Asisten Menteri Luar Negeri, David R. Stilwell mengatakan alasan Menlu AS Mike Pompeo berkunjung ke Indonesia di akhir tur Asia-nya.
 
"Indonesia penting karena banyak alasan, tak lain adalah negara dengan penduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia dan merupakan pilar Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," kata Stilwell dalam pernyataan persnya, Jumat, 23 Oktober 2020.
 
"(Indonesia) itu sangat penting dan strategis," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan AS dan Indonesia memiliki visi tatanan berbasis aturan di Asia Tenggara. Washington juga merupakan pendukung kuat kedaulatan Indonesia.
 
"Indonesia adalah anggota masyarakat internasional yang aktif dan bertanggung jawab, mitra penting di Dewan Keamanan PBB, dan memainkan peran kepemimpinan bersejarah di ASEAN," serunya.
 
"Suara kuat bagi umat Islam di seluruh dunia, Indonesia merupakan contoh kebebasan dan toleransi beragama," sambung Stilwell.
 
Ia menambahkan, kedua negara memiliki kemitraan pertahanan dan kontraterorisme yang kuat secara bilateral. Selain itu, kata Stilwell, prioritas bilateral dengan AS adalah membantu Indonesia memerangi virus korona (covid-19).
 
"Kami telah menyumbangkan 1.000 ventilator yang memungkinkan rumah sakit di Indonesia menyelamatkan nyawa pasien yang sakit kritis," terang dia.
 
Pompeo direncanakan ke Indonesia pekan depan di akhir lawatannya ke beberapa negara Asia. Ia pernah berkunjung ke Indonesia pada 2018 lalu.
 
Di Jakarta, Pompeo dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Pertemuan tersebut, imbuh Stilwell, akan menjadi kesempatan untuk menggarisbawahi nilai-nilai bersama kedua negara, termasuk mendukung hak asasi manusia.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif